02 March 2022, 10:58 WIB

Harumkan Nama Bangsa pada BATC 2022, Tim Indonesia Dapat Hadiah Tabungan


mediaindonesia.com |

KEMENANGAN tim bulu tangkis Indonesia dalam perebut­an trofi juara Badminton Asia Team Championships (BATC) 2022 merupakan pencapaian yang membanggakan bagi Indonesia. Tim putri Indonesia menjadi pemenang setelah di partai puncak mengalahkan Korea Selatan 3-1 di Selangor, Malaysia. 

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) sebagai sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) pun kembali memberikan apresiasinya melalui penyerahan tabungan bagi para atlet, pelatih, dan ofisial. 

Apresiasi itu dirangkai dalam acara Apresiasi BNI BATC 2022 di Jakarta, Selasa (1/3). Acara ini dihadiri langsung Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna dan Direktur Utama BNI Royke Tumilaar. Acara yang juga dihadiri Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta beserta para atlet, pelatih, dan ofisial ini diselenggarakan dengan menjaga protokol kesehatan secara ketat.

Menanggapi prestasi tim bulu tangkis Indonesia tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi perjuangan tim pada ajang BATC 2022.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua atlet serta pelatih tim bulu tangkis Indonesia atas kegigihan dan semangat kalian. Ini merupakan kebanggaan yang tak terhingga,” katanya. 

Erick menuturkan, pemerintah selalu mendorong BUMN untuk proaktif mengembangkan cabang olahraga prioritas, khususnya bulu tangkis yang telah mendunia. BNI sebagai bank internasional pun selalu sigap dalam menjawab semua kebutuhan pengembangan olahraga kebanggaan masyarakat Indonesia ini. 

“Terlebih BNI ini memiliki visi dan misi yang sama dengan tim bulu tangkis Indonesia yaitu membawa Indonesia secara konsisten berprestasi di internasional,” katanya. 

Melepas ke All England

Pada kesempatan ini, Erick­ juga mengucapkan selamat berjuang untuk tim bulu tangkis Indonesia yang akan berlaga di perhelatan All England Open 2022.

Ini tentu menjadi ajang kompetisi yang diharapkan akan menjadi ladang medali bagi tim bulu tangkis Indonesia, mengingat kompetisi ini menjadi salah satu kompetisi bulu tangkis tertua dan paling prestisius di dunia.

“Perjuangan kita tergolong berat di kejuaraan ini karena Indonesia harus mempertahankan kemenangan yang telah diraih pada 2020 lalu. Kita juga harus mampu menggantikan momentum yang terlewatkan tahun lalu ketika Indonesia tidak berpartisipasi dalam All England Open 2021 dengan kemenangan yang lebih banyak tahun ini,” sebutnya.

Sementara itu, Royke pun mengapresiasi tim bulu tangkis Indonesia yang kembali mencatatkan prestasi membanggakan di kancah global. Segenap keluarga besar BNI HI-Movers tentu ikut merasakan suka cita yang dirasakan oleh tim bulu tangkis Indonesia. 

Dia menuturkan, kemenangan terbaru dari tim putri Indonesia merupakan yang pertama kalinya di ajang bergengsi BATC 2022. Lebih menggembirakan lagi adalah karena tim yang diberangkatkan ke ajang BATC 2022 adalah tim yang beranggotakan atlet-atlet pratama atau atlet muda.

Ini menunjukkan regenerasi di lingkungan atlet terus berlangsung. Meski tergolong muda, tim ini sudah mampu meraih hasil yang paling membanggakan yakni juara bagi tim putri dan runner up bagi tim putra. 

“Kami menyadari raihan prestasi ini merupakan hasil dari perjuangan yang tak kenal menyerah dari putra putri terbaik bangsa yang gigih dan selalu bersemangat dalam membuktikan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang tangguh, dan memiliki mental juara dunia,” katanya. 

Ke depan, BNI berkomitmen terus mendukung pengembangan dan pembinaan cabang bulu tangkis yang dilakukan PBSI untuk terus mengukir pencapaian-pencapaian bersejarah dunia selanjutnya. 

“Kami pun sangat berterima kasih karena BNI diberi kesempatan untuk dapat berkontribusi dalam pengembangan olahraga bulu tangkis di Indonesia yang selalu mencatat prestasi mendunia,” ujarnya. 

Proaktif mendukung 

Dalam kesempatan itu, Ketum PP PBSI Agung Firman Sampurna mengatakan BNI telah banyak membantu pengembangan bulu tangkis nasional. Sebagai bank internasional, BNI selalu proaktif mendukung tim bulu tangkis nasional untuk mengukir puluhan prestasi dan gelar juara dunia dengan BATC 2022 sebagai prestasi terbaru. 

Agung menambahkan, sejak BNI menjadi sponsor, Indonesia terus menerus mendapatkan gelar internasional. Semoga ini menjadi bekal untuk mendapatkan gelar-gelar internasional lainnya. 

Dia juga berharap upaya kolaboratif dan penuh semangat ini bisa dilanjutkan. Dapat memberikan sesuatu yang lebih bagi negara ini, karena bulu tangkis bukan sekadar olahraga melainkan pemersatu bangsa.

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada sponsor utama dalam hal ini BNI. Sejak 2021, kejuaraan demi kejuaraan berhasil kita raih, yakni 22 kejuaraan berhasil diraih dengan puncaknya Olimpiade dan Piala Thomas. Ke depannya, kami juga berharap akan lebih banyak lagi medali yang akan dimenangkan oleh tim bulu tangkis Indonesia,” pungkas Agung. (RO/S2-25)

BERITA TERKAIT