28 February 2022, 10:48 WIB

Pedro Martinez Raih Gelar ATP Pertama di Cile


Rifaldi Putra Irianto |

PETENIS Spanyol Pedro Martinez berhasil mencatatkan sejarah baru dalam kariernya, saat petenis berusia 24 tahun itu sukses merebut gelar ATP Tour pertamanya di Cile Terbuka 2022, Senin (28/2) dini hari WIB.

Menghadapi petenis Argentina Sebastian Baez, Martinez tampil luar biasa, dengan dia bangkit dari ketertinggalan di set pertama untuk kemudian merebut kemenanngan dua set berikutnya dengan skor akhir 4-6, 6-4, dan 6-4.

Ini merupakan final ATP Tour kedua yang berhasil dicapai Martinez sepanjang kariernya, dengan kemenangan semifinal yang diraihnya usai melibas  petenis tuan rumah Alejandro Tabilo dalam pertarungan tiga set 5-7, 6-4, dan 6-4.

Baca juga: Nadal Raih Gelar Juara Meksiko Terbuka

"Saya sangat senang," kata Martinez dalam wawancara di lapangan dikutip dari ATP, Senini (28/2).

"Itu adalah pertempuran besar. Dia (Baez) telah bermain luar biasa baik dalam satu tahun terakhir. Saya bermain sangat baik pada akhirnya dan saya sangat senang. Saya selalu berjuang sampai akhir dan itu bisa memberi Anda peluang," jelasnya.

Keberhasilan Martinez mengangkat trofi juara Cile Terbuka menjadikan dia sebagai petenis Spanyol keempat yang memenangkan trofi tingkat tur untuk tahun ini, menyusul Carlos Alcaraz, Rafael Nadal, dan Albert Ramos-Vinolas.

Martinez juga menjadi petenis ketiga musim ini yang berhasil mengangkat trofi tingkat tur pertama kali, bersama peraih gelar Adelaide International 2 Thanasi Kokkinakis dan pemenang Open Sud de France Alexander Bublik.

Sebelum kemenangannya di Santiago, perjalanan Martinez di lima turnamen terakhirnya selalu terhenti di putaran kedua termasuk saat dia kalah dari Cristian Garin (Cile) di Australia Terbuka 2022.

Martinez telah meraih tiga mahkota ATP Challenger Tour dalam kariernya. Tapi, dia tidak pernah berhasil meraih kemenangan di turnamen ATP Tour sebelum kemenangan penting atas Baez, termasuk saat dia kalah dari Casper Ruud (Norwegia) dalam satu-satunya pertandingan babak final di kejuaraan ATP Tour di Kitzbuhel, Austria, pada Juli lalu. (ATP/OL-1)

BERITA TERKAIT