18 February 2022, 18:42 WIB

FIBA Asia Cup: Indonesia Satu Grup dengan Australia


Dhika Kusuma Winata |

FEDERASI Basket Internasional atau FIBA mengundi babak fase grup FIBA Asia Cup 2022. Timnas basket Indonesia akan berada satu grup dengan juara edisi 2017 yakni Australia.

"Indonesia memilih Grup A," kata Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih dalam undian FIBA yang digelar secara virtual di Jakarta, Jumat (18/2).

Indonesia berada di pot 4 dalam undian. Sebagai tuan rumah, Indonesia mendapat keuntungan untuk memilih sendiri penempatan grup. Selain Australia, Grup A juga diisi Arab Saudi dan Yordania.

Sementara itu, juara 16 kali Tiongkok berada di Grup B bersama Taiwan, Korea Selatan, dan Bahrain. Adapun Grup C diisi runner-up edisi 2017 yakni Iran. Jepang, Kazakhstan, dan Suriah juga menempati Grup C.

Negara Asia Tenggara lainnya, Filipina, berada di Grup D bersama India, Libanon, dan Selandia Baru.
FIBA Asia Cup sedianya digelar tahun lalu namun tertunda lantaran pandemi covid-19. Indonesia menjadi tuan rumah dan pertandingan bakal berlangsung di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. 

Total ada 16 tim bersaing untuk memperebutkan gelar juara pada 12-24 Juli 2022.
Status sebagai tuan rumah diyakini bisa menaikkan kepercayaan diri pemain untuk memberikan penampilan terbaik di depan publik Tanah Air. Target masuk ke delapan besar ditanggung bersama baik pemain, manajemen, dan pengurus di federasi.

"Pada pelaksanaan kali ini, kami tentu ekspektasinya ingin memenuhi target yang diberikan PP Perbasi," kata pemain Timnas Abraham Grahita dalam kesempatan terpisah.

Ajang ini kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah setelah sebelumnya pada 1993. Dalam FIBA Asia Cup kali ini, Indonesia ditukangi manajer anyar Jeremy Santoso yang baru-baru ini ditunjuk menggantikan Maulana Fareza Tamrella. (OL-8)

BERITA TERKAIT