16 February 2022, 11:31 WIB

Saifi Rizka Pastikan Kemenangan Indonesia Atas Kazakhstan 3-0 di BATC 2022


Rifaldi Putra Irianto |

PEBULU tangkis tunggal putri Indonesia Saifi Rizka Nurhidayah berhasil memastikan kemenangan untuk tim putri Indonesia atas Kazakhstan 3-0 dalam Kejuaraan Bulu tangkis Asia Beregu (BATC) 2022. 

Menghadapi wakil Kazakhstan Nargiza Rakhmetullayeva di Setia City Convention Centre, Malaysia, Rabu (16/2), Rizka tampil gemilang dengan merebut kemenangan dua set langsung 21-4 dan 21-8 hanya dalam 20 menit pertandingan.

Dalam aksinya di gim pertama Rizka langsung tampil dominan dengan merebut 5 poin langsung dan memimpin dengan kedudukan 5-0, sempat mendapat perlawanan dari Rakhmetullayeva yang meraih dua poin langsung untuk kedudukan 2-5, namun Rizka dapat kembali memegang kendali permainan untuk unggul 7-2.

Rakhmetullayeva kembali memberikan perlawanan untuk menipiskan ketertinggalan menjadi 4-7, tak ingin melihat kebangkitan lawannya pebulu tangkis berusia 19 tahun itu tanpa ampun langsun tancap gas merebut 17 poin beruntun untuk menyelesaikan pertandingan 21-4.

Baca juga: Tempo 21 Menit, Putri Bawa Indonesia Unggul atas Kazakhstan 1-0 di BATC 2022

Di gim kedua Rizka sempat tertinggal 0-2 dari sang lawan, namun Rizka yang dalam pertandingan tampil sebagai tunggal putri ketiga Indonesia itu pun langsung bangkit dan merebut 7 poin langsung untuk memimpin 9-2 dan terus mimimpin dengan kedudukan 11-4 pada interval gim kedua.

Usai turun minum, trend positif terus berlanjut untuk Rizka dengan memimpin 15-5, kembali mendapat serangan dari Rakhmetullayeva yang berhasil mengonversi dua poin untuk kedudukan 8-16, Rizka pun langsung bangkit untuk menyelesaikan pertandingan 21-8.

Sebelumnya dua kemenangan untuk tim putri Indonesia juga berhasil disumbangkan dari sektor tunggal putri, lewat Putri Kusuma Wardani yang menang 21-8 dan 21-7 atas Aisha Zhumabek, serta Bilqis Prasista yang meraih kemenangan atas Kamila Smagulova 21-4 dan 21-6.

Meski Indonesia sudah memastikan kemenangan atas Kazakhstan 3-0 namun Indonesia masih akan memainkan dua pertandingan lainnya di nomor ganda putri, yakni pertempuran antara Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Arina Sazanova/Aisha Zhumabek di partai keempat, Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro vs Nargiza Rakhmetullayeva/Kamila Smagulova di partai kelima. (Rif/OL-09)

BERITA TERKAIT