16 February 2022, 05:30 WIB

Rifqi Fitriadi Bersiap Bela Indonesia di Piala Davis


Basuki Eka Purnama |

PETENIS putra Indonesia M Rifqi Fitriadi bersiap untuk laga Piala Davis Grup II Indonesia vs Venezuela, yang akan digelar diStadion Tenis Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, 4-5 Maret 2022.

Petenis Jawa Timur, yang baru saja menjuarai Mandiri Tennis Open 2022 itu, mengatakan akan mempersiapkan diri baik fisik maupun mental untuk kejuaraan tenis beregu putra paling bergengsi di dunia itu.

"Untuk persiapannya, kita training camp di Senayan mungkin lebih banyak latih tandingnya, mungkin fisiknya lebih ditingkatkan lagi biar lebih maksimal di Piala Davis," ujar Rifqi.

Baca juga: Tim Piala Davis Indonesia Terancam Gagal Bertanding di Kandang

Lebih lanjut, Rifqi mengatakan Mandiri Tennis Open 2022 menjadi turnamen terakhirnya untuk persiapan menjelang pertandingan play-off Grup Dunia II Piala Davis 2022 itu.

"Setelah ini mungkin lebih persiapan ke latihan-latihan fisik dan mentalnya karena di Piala Davis, atmosfernya pasti beda," kata Rifqi.

Setelah memenangi nomor tunggal putra di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Oktober lalu, Rifqi mengatakan banyak melakukan latihan ketika pulang ke kampung halamannya, Kalimantan Selatan.

Petenis berusia 23 tahun itu juga sempat mengikuti Pangdam Cup 2021 di Manado, Sulawesi Utara, Desember lalu, sekaligus menyabet gelar pada kejuaraan nasional tenis lapangan tersebut.

Sementara itu, Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) telah mengundang sejumlah petenis untuk mengikuti training camp (TC) guna menghadapi Piala Davis. Beberapa di antaranya bahkan telah mulai bergabung untuk latihan.

Menariknya, terdapat satu nama baru dalam tim Piala Davis Indonesia kali ini, yaitu Nathan Anthony Barki.

Ketua Umum PP Pelti, Rildo Ananda Anwar, mengatakan masuknya Nathan dalam tim merupakan bagian dari upaya regenerasi atlet Indonesia.

"Satu pemain ada yang di luar Nathan, dia mainnya di luar dia tidak pernah ada di Indonesia, dan ranking ITF junior-nya juga bagus, jadi nanti kita siapkan dia untuk di Piala Davis supaya ada satu pemain junior," kata Rildo.

"Setiap ada tim Davis atau apa pun Cup itu selalu saya masukan satu pemain junior... sekarang yang putra Nathan. Sebelumnya, ada Rifqi, sebelumnya lagi Tegar, Gunawan, kita siapkan regenerasi, kalau dia sudah digabung sama seniornya regenerasinya sudah cepat," tambahnya.

Indonesia dan Venezuela bakal melakoni laga hidup-mati. Pertandingan tersebut akan menjadi penentu skuat Merah Putih bertahan di Grup Dunia ll atau terdegradasi ke Grup Dunia III Piala Davis. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT