14 February 2022, 12:31 WIB

Lando Norris Bertahan di McLaren Hingga 2025


Basuki Eka Purnama |

LANDO Norris akan tetap membalap dengan tim McLaren di Formula 1 hingga akhir musim 2025 menyusul perpanjangan kontrak berdurasi empat tahun pada pekan lalu.

Pembalap berusia 22 tahun asal Inggris itu sebelumnya telah mendapatkan kontrak berdurasi multitahun pada tahun lalu. Kesepakatan baru itu kini mengamankan masa depan Norris hingga keseluruhan era regulasi F1 saat ini.

Rekan satu timnya, Daniel Ricciardo, mengantongi kontrak hingga akhir 2023.

Baca juga: Musim 2022 tidak Ada Lagi Seremoni Berlutut Sebelum Balapan Formula 1

"Kesempatan untuk memperpanjang hubungan kami dengan Lando merefleksikan bukan hanya komitmen kami, tapi juga keyakinan dan kepercayaan terhadap talentanya," kata kepala tim McLaren Andreas Seidl dalam laman resmi McLaren, dikutip Senin (14/2).

Menurut Seidl, Norris telah menunjukkan perkembangan yang signifikan sebagai pembalap muda di Formula 1 selama empat tahun terakhir dan telah menjadi bagian penting dari momentum tim menuju target mereka.

"Kami masih dalam perjalanan untuk bertarung di papan atas dan Lando adalah elemen kunci dari rencana kami. Jadi, mengamankan tempatnya bersama Daniel dan kepemimpinan senior kami memberikan kami stabilitas dan keberlanjutan saat kami menuju tujuan akhir bersama di kejuaraan dunia," lanjutnya.

Norris melakukan debut di Formula 1 dengan McLaren pada 2019 setelah sebelumnya menjalani peran sebagai pembalap cadangan dan test driver.

Musim lalu menjadi tahun terbaiknya, saat ia nyaris mengklaim kemenangan perdananya dari posisi pole pertamanya di Rusia sebelum kesalahan pemilihan ban membuat posisinya melorot ke belakang.

Empat podium yang ia raih membuatnya finis peringkat enam klasemen pebalap dan membantu McLaren ke peringkat empat konstruktor.

Meskipun melorot satu posisi, Mclaren merayakan kemenangan pertamanya sejak 2012 ketika Ricciardo dan Norris finis 1-2 di Grand Prix Italia.

Ditenagai mesin Mercedes, McLaren memiliki target kembali ke papan atas saat F1 menerapkan regulasi baru yang didesain untuk membuat balapan semakin ketat hingga akhir 2025 sebelum power unit generasi baru diperkenalkan.

"Saya telah tumbuh di tim ini dan saya bagian dari perjalanan yang kami semua," ujar Norris.

"Musim lalu satu lagi langkah yang besar, baik dalam karier saya dan performa tim, dan saya melihat serta merasakan semua kerja, investasi dan komitmen dari tim ini untuk berada di posisi penantang kemenangan dan gelar juara di masa depan."

"Ini semua memberi saya kepercayaan diri yang sangat besar menuju ke depan, jadi memperpanjang hubungan kami untuk beberapa tahun ke depan adalah keputusan yang alami," pungkasnya. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT