14 February 2022, 04:05 WIB

LeBron James Lewati Rekor Abdul-Jabbar


Basuki Eka Purnama |

MEGABINTANG Los Angeles Lakers LeBron James menjadi pencetak skor terbanyak dalam sejarah NBA berdasarkan catatan gabungan di seluruh pertandingan musim reguler dan playoff, melampaui pemegang rekor sebelumnya, Kareem Abdul-Jabbar.

Dalam pertandingan melawan Golden State Warriors, Minggu (13/2) WIB, James hanya membutuhkan 19 poin untuk melewati rekor Abdul-Jabbar, yang mengakhiri kariernya dengan 44.149 poin, termasuk 38.387 di musim reguler dan 5.762 pada pascamusim.

Rekor tersebut dipatahkan saat ia melesakkan tripoin pada sisa waktu kurang dari lima menit memasuki kuarter ketiga untuk membukukan poin ke-21 dalam pertandingan tersebut.

Baca juga: Grizzlies Buat Pistons Kalah Enam Kali Beruntun

Lantas, ia menyelesaikan pertandingan dengan mengumpulkan 26 poin untuk mencetak 44.152 angka di sepanjang kariernya. 

Namun, James gagal memanfaatkan hadiah tiga lemparan bebas, yang sebetulnya bisa mendongkrak poin timnya di detik-detik terakhir sehingga Lakers pun harus menelan kekalahan dengan skor tipis 115-117 dari Warriors.

Pebasket berusia 37 tahun itu kini duduk di urutan ketiga dalam daftar pencetak angka terbanyak NBA untuk musim reguler dengan raihan 36.526 poin, namun berada di peringkat teratas dalam daftar skor pascamusim NBA dengan 7.656 poin.

Catatan James kian mendekati legenda Utah Jazz Karl Malone, yang menempati posisi kedua dalam daftar pemain paling subur selama musim reguler NBA dengan 36.928 poin sepanjang kariernya. Sementara pencetak skor terbanyak musim reguler NBA sepanjang sejarah masih dipegang Abdul-Jabbar dengan 38.387 angka.

James, sebelumnya, melewati rekor Michael Jordan di urutan pertama pencetak poin terbanyak sepanjang sejarah playoff NBA pada 2017 lalu. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT