12 February 2022, 10:56 WIB

Sprinter AS Justin Gatlin Putuskan Pensiun dari Atletik


 Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

SPRINTER Amerika Serikat (AS) Justin Gatlin yang juga merupakan peraih medali emas Olimpiade Athena 2004, mengumumkan keputusannya untuk pensiun dari Atletik saat usianya memasuki 40 tahun, Sabtu (12/2) WIB.

Dalam unggahannya di akun Instagram pribadinya, Gatlin yang absen ikut dalam Olimpiade Tokyo akibat mengalami cedera hamstring mengumumkan keputusannya untuk pensiun melalui video berjudul "Dear Track".

"Dari berlarian di sekitar taman bermain, bermain kejar-kejaran sebagai seorang anak kecil Untuk membakar sela-sela lapangan sepak bola, Membalap anak-anak tetangga dengan berjalan kaki saat mereka bersepeda. Hidupku berubah saat aku tahu namamu 'lintasan'," ucap Gatlin dalam videonya.

Baca juga: Tercepat di Mandalika, Espargaro: Sangat Nyaman Mengendarai Motor Ini

"Saya selalu menyukai lintasan lari, kamu memberiku air mata kesedihan dan air mata kebahagiaan, pelajaran yang tidak akan pernah bisa dilupakan. Ikatan yang tak terpatahkan dibuat selama 27 tahun hidupku," ucapnya.

"Kamu telah memberiku keberanian, kebijaksanaan, kedamaian, dan cara untuk menginspirasi orang lain untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri. Obor sudah berlalu, tetapi cinta tidak akan pernah pudar," jelasnya.

Selain menyabet medali emas di Olimpiade, sejumlah prestasi juga telah ditorehkan Gatlin sepanjang karirnya termasuk saat dia mengawinkan gelar nomor 100m dan 200m di Kejuaraan Dunia pada 2005 silam.

Di tengah sederet prestasi yang mewarnai perjalanan karir Gatlin, Sprinter kelahiran 1982 itu juga pernah tersandung skandal yang mana dia pernah dua kali mendapat skors akibat pelanggaran doping.

Pelanggaran Doping pertamanya terjadi pada 2001 ketika itu dia ditemukan positif menggunakan Adderall, zat yang mengandung amfetamin.

Pelanggaran doping keduanya terjadi lima tahun berselang tepatnya 2006 silam, ketika ditemukan kadar testosteran yang berlebihan dalam tubuhnya.

Atas kejadian itu dia dilarang bertanding selama 4 tahun setelah dikurangi setengahnya dari tuntutan awal 8 tahun setelah memenangi banding. Kini Gatlin pun telah memutuskan pensiun dari dunia Atletik yang telah membesarkan namanya. (Rif/OL-09)

BERITA TERKAIT