10 February 2022, 18:12 WIB

Dovizioso Sebut Suhu Panas di Mandalika Jadi Tantangan Para Pembalap


Rifaldi Putra Irianto |

PEMBALAP MotoGP Tim RNF Yamaha Andrea Dovizioso mengaku telah menjelajahi Pertamina Mandalika Internasional Sirkut jelang tes uji coba yang akan dimulai pada Jumat (10/2).

Menurut pembalap paling senior di MotoGP 2022 itu, Pertamina Mandalika Internasional Sirkut merupakan salah satu trek balapan yang indah dengan pemandangan perbukitan dan laut, tetapi suhu di Mandalika akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap maupun ban motor.

"Rutenya terlihat bagus, cukup cepat dan cukup pendek," kata pembalap Italia berusia 36 tahun itu menggambarkan kesan pertamanya, Kamis (10/2).

"Suhu udara di sini bisa lebih panas daripada di Sepang. Matahari di sini sungguh gila, betapa panasnya itu. Jadi kita harus melihat bagaimana aspal. Ini juga pengalaman pertama dengan Michelin (ban motor) di sini, ini pertama kalinya bagi semua orang," imbuhnya.

Balapan ini akan menjadi musim ke-20 untuk Dovizioso di MotoGP, setelah sekitar setengah tahun pada 2021 dia sempat meninggalkan MotoGP saat kontraknya dengan tim Ducati tidak diperpanjang.

"Ada banyak detail yang belum dapat Anda ketahui sebelumnya. Tapi selalu menyenangkan berada di trek baru dan mempelajari rute baru, terutama di musim ke-20," gurau pembalap veteran itu.

Baca juga: Para Pembalap Moto-GP Siap Beraksi di Sirkuit Internasional Mandalika

Dengan kejuaraan World Super Bike (WSBK) yang telah digelar sebelumnya di Mandalika pada 2021, Dovizioso mengatakan itu sedikit membantu Yamaha untuk mendapatkan data motor di sirkuit Mandalika, terlebih dalam gelaran WSBK bulan November lalu Tim Yamaha yang diwakil Toprak Razgatlioglu berhasil keluar sebagai yang tercepat kedua.

"Kami beruntung Kejuaraan Dunia Superbike sudah diadakan di sini, jadi kami, bahkan setiap pabrik sudah memiliki data dari Superbike,” tutur Dovizioso

"Dengan itu (Data WSBK) Anda tidak benar-benar memulai dari awal, itu akan banyak membantu ketika Anda pertama kali memulai, misalnya untuk gearbox atau detail kecil lainnya. Tapi selain dari hal-hal itu, itu mulai dari awal," jelasnya.

Mengaku mendapat pelayanan terbaik sejak hari pertama di Mandalika, Dovizioso mengatakan dirinya kini harus kembali fokus untuk mengikuti tes pramusim di Mandalika dengan harapan akan mendapatkan data terbaik untuk balapan utama pada bulan Maret.

"Pada hari-hari di sini di Indonesia, kami sejauh ini fokus pada kolam renang dan kursi berjemur," ucap Dovi.

"Saat ini kami akan mengadakan pertemuan tentang semua yang telah dilakukan di Malaysia untuk mendapatkan umpan balik sebanyak mungkin dan melihat apa yang perlu kami kerjakan," terangnya.

"Saya masih memiliki beberapa hal untuk diperbaiki (tentang perfromanya) tetapi saya tidak tahu apakah kami akan menemukan kondisi yang baik di trek ini karena kami belum mengetahui detailnya, seperti bagaimana performa ban di lintasan ini," tukasnya.(Speedweek/OL-5)

BERITA TERKAIT