27 January 2022, 18:24 WIB

Melaju ke Final Australia Terbuka, Barty Cetak Sejarah


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PETENIS putri nomor satu dunia Ashleigh Barty berhasil menjadi petenis putri Australia pertama yang melangkah menuju babak final Australia Terbuka dalam 42 tahun terakhir. Barty sukses merebut kemenangan atas wakil Amerika Serikat Madison Keys, Kamis (27/1).

Tampil dominan sepanjang pertandingan yang berlangsung di Rod Laver Arena, Barty hanya membutuhkan waktu 62 menit untuk mengeklaim kemenangannya dengan skor akhir 6-1 dan 6-3. Orang Australia terakhir yang mencapai final di Melbourne Park ialah Wendy Turnbull yang menjadi runner-up setelah kalah dari Hana Mandlikova pada 1980. 

Barty kini semakin dekat dengan gelar Australia Terbuka pertamanya, jika berhasil dia akan menjadi wakil tuan rumah wanita pertama yang menjadi juara Australia Terbuka sejak Chris O'Neil pada 1978. "(Kemenangan) Ini sangat luar biasa. Saya mencintai turnamen ini dan saya senang dapat datang ke sini dan bermain di hadapan masyarakat Australia," ucap Barty usai pertandingan dikutip dalam laman resmi turnamen, Kamis (27/1).

"Saya senang dapat memainkan tenis terbaik saya di sini dan saya enjoy setiap pertandingan di sini. Sekarang saya memiliki kesempatan untuk bermain di final ini menjadi sebuah kebanggaan," jelasnya.

Baca juga: Medvedev dan Tsitsipas Siap Bersaing Rebut Tiket Final Australia Terbuka

Ini menjadi pencapaian tertinggi bagi Barty selama keikutsertaannya di Australia Terbuka, sebelumnya Barty selalu gagal mencapai babak final. Tahun lalu petenis berusia 25 tahun itu terhenti di babak perempat final, dia kalah atas petenis Republik Ceko Karolina Muchova. Atas hasil itu, di babak final Barty akan menghadapi pemenang antara Juara Prancis Terbuka 2020 Iga Swiatek atau petenis Amerika Serikat Danielle Collins. (AusOpen/OL-14)

BERITA TERKAIT