24 January 2022, 07:45 WIB

Tolak Pakai Masker, Stockton Dilarang Hadiri Laga Gonzaga


Basuki Eka Purnama | Olahraga

LEGENDA NBA John Stockton dilarang menghadiri laga bola basket mantan kampusnya karena melanggar protokol covid-19 dengan menolak memakai masker.

Universitas Gonzaga memutuskan mencabut tiket musiman Stockton setelah mereka memperingatkan pemain yang telah tampil di 10 laga Al-Star itu bahwa dia melanggar protokol covid-19.

"Universitas Gonzaga terus bekerja keras untuk memberlakukan protokol kesehatan dan keamanan yang ditetapkan pemerintah serta kebijakan univeritas, termasuk mengenakan masker saat berada di dalam ruangan. Seluruh penonton laga bola basket kampus kami wajib mengenakan masker sepanjang waktu," ujar seorang juru bicaa Universitas Gonzaga.

Baca juga: Lakukan Pelanggaran Keras, Allen Diskors NBA

Stockton secara terbuka mengungkapkan pendapatnya mengenai vaksinasi covid-19 dalam sebuah film yang dirilis musim panas lalu.

"Intinya, mereka menginginkan semua orang mengenakan masker. Sebagai figur publik, saya lebih mencolok dibandingkan orang lain," ujar Stockton.

"Karenanya, mereka mendapatkan laporan bahwa saya tidak mengenakan masker," lanjut mantan pebasket berusia 59 tahun itu.

Stockton bermain bola basket di Universitas Gonzaga antara 1980 dan 1984. Dia masih memegang rekor steal untuk kampus itu dengan 2,62 steal per pertandingan.

Dia masuk ke Basketball Hall of Fame pada 2009 setelah bermain selama 19 musim di Utah Jazz.

Stockton juga mengantarkan timnas Amerika Serikat (AS) memenangkan dua medali emas Olimpiade. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT