21 January 2022, 13:36 WIB

Phoenix Suns Tetap Kokoh di Puncak Klasemen Wilayah Barat


 Ilham Ananditya | Olahraga

KLUB Phoenix Suns tetap kokoh sebagai tim terbaik di NBA sampai saat ini, Kamis (20/1) malam, waktu setempat. Bertandang ke markas Dallas Mavericks dengan sama-sama memiliki catatan empat kemenangan beruntun, Suns unggul 109-101.

Sepanjang gim Suns terus tertinggal hingga akhir kuarter ketiga. Namun kemudian bangkit tampil luar biasa di enam menit waktu tersisa.

Sembari menahan Mavericks yang hanya mencetak enam poin, Suns mengejar dengan tambahan 22 poin. Tembakan tripoin Chris Paul di sisa 25 detik gim jadi penutup kemenangan manis Suns.

"Chris (Paul) tahu kemana dia harus berlari. Dia menunjukkannya lagi pada kuarter keempat," puji pelatih Mavericks, Jason Kidd.

"Mereka (Mavericks) adalah tim yang benar-benar unjuk gigi di liga akhir-akhir ini," singgung pelatih Suns Monty Williams. "Untuk dapat mengalahkan mereka di kandang mereka sendiri, itu adalah pencapaian yang sangat luar biasa."

Di lain sisi, pertahanan juga jadi faktor penting permainan Suns. Devin Booker dkk mampu membuat 13 steal dan memaksa Mavericks membuat 19 turnover. Kemudian, Suns berhasil memanfaatkan turnover itu menjadi 31 poin.

Walaupun lima pemain Suns mencetak dua digit poin, Paul dan Booker tetap jadi bintang utama. Booker merupakan pencetak angka terbanyak dengan 28 poin. Sementara Paul menyumbang dobel-dobel 20 poin dan 11 asis.

"Dia (Paul) mendorong semua orang untuk menjadi lebih baik. Dia adalah pemain yang sangat vokal," singgung Booker soal Paul.

Suns menang untuk lima gim beruntun yang semuanya adalah gim tandang. Sebanyak 35 kemenangan dari 44 pertandingan telah dilakukan

Suns untuk menjaga jarak dengan Golden State Warriors di posisi kedua. Sebagai pemuncak Wilayah Barat, Suns kini memiliki selisih tiga kemenangan dan empat kekalahan dari Warriors.

Sebaliknya untuk Mavericks, kekalahan ini memutus tren positif mereka. Kendati demikian, Mavericks masih kukuh di peringkat lima klasemen yang sama.

Top skor Mavericks masih sama seperti sebelumnya, Luka Doncic dengan 28 poin. Disusul rekannya, Kristaps Porzingis dengan dobel-dobel 18 poin plus 11 rebound.

Untuk selanjutnya, Suns baru akan kembali ke kandang sejak 8 Januari menjamu Indiana Pacers. Mavericks masih harus menjamu lawan menghadapi Memphis Grizzlies. (And/NBA/OL-09)

BERITA TERKAIT