17 January 2022, 21:04 WIB

BNPB: MotoGP di Mandalika Terapkan Sistem Bubble


M. Iqbal Al Machmudi | Olahraga

KEPALA BNPB Letjen TNI Suharyanto menjelaskan pada gelaran balapan MotoGP di Mandalika Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) pemerintah sudah menyusun rencana para wisatawan asing dapat menonton dengan menerapkan sistem bubble.

"Diselenggarakan di Mandalika Lombok akan dilakukan sistem bubble khusus di Lombok jadi orang yang datang itu tidak akan kemana-mana," kata Suharyanto di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta, Senin (17/1).

Dirinya menjelaskan wisatawan asing yangmenonton perhelatan tersebut dapat keluar hotel ketika MotoGP berlangsung. "Jadi dia datang ke bandara, masuk ke hotel, nonton MotoGP, balik ke hotel, pergi ke bandara lagi, dan pulang," ucapnya.

Baca juga: Jumlah Penonton MotoGP Mandalika Ditambah Jadi 100 Ribu Orang

Dengan begitu diharapkan dapat mengurangi kasus positif dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dan wistawan luar negeri. Meski begitu, wistawan yang ingin masuk ke Indonesia harus lulus swab dinyatakan negatif dan telah disuntikkan vaksin dosis lengkap.

"Jadi tidak berinteraksi dengan masyarakat lain. itulah yang dinamakan sistem bubble dan dengan sistem bubble orang-orang sudah yakin betul bahwa mereka aman dari covid-19," tegasnya.

Mandalika International Street Circuit akan menjadi tuan rumah perhelatan MotoGP 2022 pada tanggal 20 Maret 2022. Sebelumnya sistem bubble ini juga digunakan pada ajang World Superbike 2021 di sirkuit yang sama pada 12-14 November 2021. (OL-4)

BERITA TERKAIT