14 January 2022, 11:22 WIB

Naomi Osaka Atlet Perempuan Berbayaran Tertinggi di Dunia


Mediaindonesia.com | Olahraga

Petenis Jepang Naomi Osaka, juara tenis Grand Slam empat kali yang telah membantu meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan mental dalam olahraga, menjadi atlet putri dengan bayaran tertinggi di dunia, menurut daftar yang diterbitkan oleh majalah bisnis Forbes, Kamis (13/1).

Osaka mengumpulkan hadiah uang dan dukungan promosi dari brand sebesar US$57,3 juta atau sekitar Rp820,7 miliar selama setahun terakhir, hampir semuanya berasal dari portofolio dukungan brand yang bertambah lebih dari 10 mitra brand selama satu setengah tahun terakhir.

Daftar tersebut, dikutip dari Reuters, Jumat, diterbitkan setelah setahun di mana Osaka mengundurkan diri dari French Open untuk fokus pada kesehatan mentalnya di tengah pertikaian publik atas konferensi pers yang diwajibkan di Grand Slam, dengan mengatakan bahwa hal itu terlalu berdampak pada kesehatan mentalnya.

Sementara itu, petenis putri lainnya, Serena Williams (US$45,9 juta) dan kakak perempuannya Venus (US$11,3 juta) berada di urutan berikutnya. Pesenam Amerika Simone Biles (US$10,1 juta) dan petenis Spanyol Garbine Muguruza (US$8,8 juta) melengkapi lima besar.

Atlet tenis menempati lima dari 10 tempat dalam daftar, yang menurut Forbes menandai penghitungan terendah olahraga dalam lebih dari satu dekade dan perubahan dramatis dari 2019 ketika para petenis mengklaim 10 tempat.

Secara kolektif, 10 atlet putri dengan bayaran tertinggi memperoleh total US$166,6 juta, yang menurut Forbes meningkat 23 persen dari tahun 2020.

Pegolf Korea Selatan Ko Jin-young (US$7,5 juta), pebulu tangkis India P.V. Sindhu (US$7,2 juta), petenis nomor satu dunia Ash Barty (US$6,9 juta), pegolf Nelly Korda (US$5,9 juta) dan pebasket Candace Parker (US$5,7 juta) masuk dalam 10 besar. (Ant/OL-12)

BERITA TERKAIT