12 January 2022, 20:34 WIB

Sebastian Loeb Pangkas Jarak dengan Al-Attiyah


Widhoroso |

PERELI Prancis, Sebastien Loeb mampu memangkas jarak dengan Nasser Al-Attiyah dalam klasemen umum kategori mobil Reli Dakar 2022 yang berlangsung di Arab Saudi. Di etape 10 dengan special stage berjarak 375 kilometer, Rabu (12/1) Loeb mampu mengunggli pereli asal Qatar tersebut.

Di etape 10, Loeb finis di posisi lima dengan catatan waktu 2 jam 57 menit 8 detik. Sedangkan al-Attiyah harus puas finis di posisi tujuh dengan waktu 2 jam 58 menit 33 detik. Hasil ini membuat Loeb mampu memangkas jarak menjadi 32 menit 40 detik dari al-Attiyah.

Etape 10 katagori mobil dimenangi pereli kawakan Stephane Peterhansel. Peraih 14 gelar juara Reli Dakar asal Prancis itu finis di posisi pertama dengan catatan waktu 2 jam 52 menit 43 detik.

Peterhansel, yang dijuluki Mr Dakar, merupakan juara bertahan kategori mobil. Kemenangan di etape 10 ini membuat Peterhansel yang mengendarai Audi hybrid senang.

"Ketika Carlos (Sainz) menjadi pembalap pertama yang memenangkan tahap Dakar dengan mobil listrik, itu adalah tonggak sejarah, sekarang kami mengkonfirmasi kinerja itu," jelasnya.

"Ini bagus untuk moral, paling tidak karena itu datang setelah awal reli yang rumit. Kami harus menang pada 2023. Kegagalan bukanlah pilihan," lanjutnya.
        
Di kategori sepeda motor, pembalap Monster Energi Yamaha Rally Team, Adrien Van Beveren merebut posisi puncak klasemen dari pembalap Austria Matthias Walkner. Pembalap Pracis yang finis di posisi tiga etape 10 tersebut, kini memimpin dengan total waktu 33 jam 27 menit 6 detik.

Van Beveren berpeluang besar untuk meraih gelar juara tahun ini. Dengan menyisakan dua hari lomba, Baveren kini unggul enam menit atas Sam Sunderland yang berada di peringkat dua. (AFP/OL-15)

 

BERITA TERKAIT