12 January 2022, 04:52 WIB

Rybakina Hajar Raducanu di Sydney Tennis Classic


Basuki Eka Purnama |

JUARA Amerika Serikat (AS) Terbuka Emma Raducanu kalah telak 6-0 dan 6-1 dari unggulan kesembilan Elena Rybakina dalam turnamen pemanasan Australia Terbuka, Sydney Tennis Classic, Selasa (11/1).

Raducanu, yang memainkan pertandingan pertamanya musim ini, kalah total di set pembuka saat lawannya dari Kazakhstan itu memanfaatkan servisnya yang goyah, termasuk empat kesalahan ganda.

Rybakina, yang menjadi runner-up Adelaide International, Minggu (9/1), mempertahankan intensitas di set kedua dan meraih kemenangan hanya dalam waktu kurang dari satu jam.

Baca juga: Sabalenka Tersingkir di Putaran Pertama Adelaide International

Raducanu secara konsisten terganggu dengan pengembalian mendalam dari Rybakina, sehingga petenis berusia 19 tahun itu membuat banyak kesalahan sendiri.

Kekalahan tersebut menjadi pukulan bagi persiapan Raducanu untuk Australia Terbuka, yang akan digelar pada 17-30 Januari, setelah dia mengundurkan diri dari turnamen pemanasan di Melbourne, pekan lalu, menyusul tes positif covid-19.

Rekannya sesama petenis Inggris, Andy Murray, menjalani pertandingan yang lebih mudah melawan petenis kualifikasi asal Norwegia Victor Durasovic dan meraih kemenangan 6-3 dan 6-1 pada turnamen ATP 250 di tempat yang sama.

Juara Grand Slam tiga kali itu menderita kekalahan dalam pertandingan pertamanya musim ini di Melbourne, tetapi ia memiliki sentuhan yang bagus melawan Durasovic, yang dipaksa melakukan sejumlah kesalahan oleh pukulan backhand Murray.

"Kondisi sempurna di sini... Saya berharap mendapatkan pertandingan di Melbourne pekan lalu, tapi itu tidak terjadi. Syukurlah penyelenggara turnamen dan Tennis Australia setuju memberi saya wildcard di sini," kata Murray.

Sebelumnya, juara Olimpiade Belinda Bencic membuat awal yang solid untuk 2022 dengan kemenangan 6-3 dan 6-2 atas Beatriz Haddad Maia dari Brasil untuk mencapai putaran kedua.

Petenis Swiss Bencic, yang menuju Australia Terbuka dalam upaya menambah gelar tunggal Grand Slam perdananya ke medali emas Olimpiadenya, mematahkan servis Maia tiga kali di Ken Rosewall Arena.

Petenis peringkat 45 dunia Ajla Tomljanovic mengalahkan petenis Slovakia Anna Karolina Schmiedlova 6-2 dan 6-3 untuk maju ke babak kedua melawan unggulan kelima asal Spanyol Paula Badosa.

Di tempat lain, Federico Delbonis dari Argentina dikalahkan Denis Kudla dari Amerika Serikat (AS) 6-3 dan 6-1, sementara Brandon Nakashima mengalahkan pemain kualifikasi dari Rep Ceko Jiri Vesely 7-6 (2) dan 7-6 (0). (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT