11 January 2022, 21:46 WIB

Al-Attiyah Makin Dekati Gelar Keempat Reli Dakar


Widhoroso | Olahraga

PERELI Qatar, Nasser al-Attiyah makin mendekati gelar keempatnya di ajang Reli Dakar. Hingga etape sembilan Reli Dakar 2022 di Wadi Ad Dawasir, Arab Saudi, Selasa (11/1), juara 2011, 2015, dan 2019 tersebut makin kokoh di puncak klasemen ketegori mobil.

Di etape sembilan yang menempuh jarak 287 kilometer, pembalap yang mengendarai Toyota itu, finis di posisi tiga dengan catatan waktu 2 jam 24 menit 12 detik. Hasil ini membuat al- Attiyah makin memperlebar jarak dengan pesaing terdekatnya, Sebastien Loeb.

Pembalap tim Toyota Gazoo Racing itu kini total membukukan waktu 30 jam 10 menit 04 detik. Ia unggul 39 menit 5 detik dari Loeb yang berada di posisi dua. Di etape sembilan, Loeb yang membela tim Bahrain Raid Xtreme finis di posisi lima.

"Ini tidak mudah namun kami sedang makin mendekati akhir lomba. Kami memimpin dengan cukup baik," ujar al-Attiyah.

Etape sembilan kategori mobil dimenangi rekan setim al-Attiyah, Giniel de Villiers. Di klasemen, pembalap asal Afrika Selatan itu sementara menempati posisi lima.

Dikategori sepeda motor, pembalap Austria Matthias Walkner merebut posisi teratas klasemen menggeser juara 2017, Sam Sunderland dari Inggris. Di etape sembilan, Walkner yang membela tim Red Bull KTM Factory Racing finis di posisi empat.

Namun hal itu cukup bagi Walkner merebut posisi teratas dari Sunderland yang finis posisi 13 etape sembilan. Total, Walkner membukukan waktu 30 jam 14 menit 3 detik, unggula dua menit 12 detik dari Sunderland yang turun ke posisi dua.

"Saya berusaha keras untuk bisa menduduki posisi teratas. Namun satu kesalahan bisa mengubah semuanya. Ini akan menjadi persaingan yang sengit," ungkap Walkner.

Etape sembilan kategori sepeda motor dimenangi pembalap Cile, Jose Cornejo Florimo. Posisi dua ditempati juara bertahan Kevin Benavides (Argentina) dan Ricky Brabec (AS) di posisi tiga. (AFP/OL-15)

 

BERITA TERKAIT