08 January 2022, 04:15 WIB

Petenis Putri Rep Ceko Ditempatkan di Rumah Detensi yang Sama dengan Djokovic


Basuki Eka Purnama |

KEMENTERIAN Luar Negeri Rep Ceko mengatakan petenis putri Renata Voracova, Jumat (7/1), ditempatkan di fasilitas penahanan atau rumah detensi yang sama dengan Novak Djokovic menjelang Australia Terbuka.

"Renata Voracova berada dalam penahanan (fasilitas) yang sama dengan Djokovic, bersama dengan beberapa pemain tenis lainnya, di Melbourne," kata kementerian tersebut dikutip dari AFP.

Kementerian Luar Negeri Rep Ceko memprotes penahanan tersebut tetapi Voracova, yang berperingkat 81 dunia, telah setuju meninggalkan Australia dan tidak ambil bagian dalam turnamen Australia Terbuka karena pilihan pelatihannya terbatas.

Baca juga: Para Penggemar Djokovic Datangi Lokasi Penahanan di Melbourne

Djokovic, yang skeptis terhadap vaksin, memasuki Australia, pekan ini, dengan pengecualian dari peraturan pembatasan perjalanan yang ketat karena pandemi.

Namun, petenis nomor satu dunia itu ditempatkan di sebuah hotel detensi imigrasi di Melbourne dan visanya dicabut menunggu keputusan pengadilan tentang masa tinggalnya, yang diharapkan digelar Senin (10/1).

Petenis Serbia berusia 34 tahun itu sedang mencari rekor gelar Grand Slam ke-21 di Australia Terbuka, yang akan dimulai pada 17 Januari.

Voracova, 38, spesialis ganda, menurut harian Sport Ceko, juga masuk dengan pengecualian karena dia baru saja pulih dari covid-19.

Voracova sudah bermain di ajang WTA Melbourne bersama Katarzyna Piter dari Polandia pekan ini, tetapi mereka tersingkir di putaran pertama.

Harian Sport Ceko melaporkan masuknya Voracova ke Australia ditinjau kembali.

Kementerian Luar Negeri Ceko mengatakan Konsulat Jenderal Ceko di Sydney sedang menangani situasi tersebut.

"Sejauh yang kami tahu, dia terbukti aman dengan izin hak untuk bermain," kata kementerian. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT