07 January 2022, 05:15 WIB

Nadal Ungkap Kondisinya Saat Positif Covid-19


Basuki Eka Purnama |

RAFAEL Nadal mengatakan bahwa dia 'sangat sakit' saat mengidap covid-19. Hal itu diungkapkan petenis Spanyol tersebut usai memetik kemenangan atas petenis kualifikasi Ricardas Berankis di turnamen Melbourne Summer Set, Kamis (6/1).

Juara Grand Slam 20 kali itu memulai persiapannya untuk tampil di  Australia Terbuka dengan kemenangan 6-2 dan 7-5 di pertandingan tunggal pertamanya di ATP Tour sejak Agustus lalu setelah cedera dan kemudian terinfeksi covid-19.

Petenis berusia 35 tahun, yang dinyatakan positif covid-19 bulan lalu, beraksi tepat ketika saingannya Novak Djokovic -- yang juga mengejar gelar Grand Slam ke-21 untuk memecahkan rekor -- menghadapi deportasi dari Australia.

Baca juga: Daniel Evans dan Jamie Murray Jaga Asa Inggris di Piala ATP 2022

"Saya merasa sangat lelah dan saya demam," kata Nadal mengenai pengalamnya terinfeksi covid-19.

"Saya harus berada di tempat tidur selama beberapa hari tanpa memiliki kesempatan untuk banyak bergerak karena saya sangat demam," lanjutnya.

Petenis Spanyol, yang jatuh sakit setelah turnamen ekshibisi di Abu Dhabi, itu mengatakan, "Setelah terinfeksi, saya perlu melihat sedikit bagaimana tubuh saya membaik setelah covid-19."

"Saya cukup senang dengan peningkatan saya dalam hal pemulihan," tambahnya.

Nadal, yang mengalami cedera kaki tahun lalu dan absen di Wimbledon dan Amerika Serikat (AS) Terbuka, mendapatkan bye putaran pertama di Melbourne Summer Set sebelum bertemu petenis peringkat 104 Lithuania, Berankis.

Petenis Spanyol itu mematahkan servis Berankis di awal set kedua dan berada dalam jalurnya untuk meraih kemenangan ketika dia memimpin 5-2, namun servisnya gagal dan memungkinkan petenis Lithuania itu kembali ke pertandingan.

Berankis menyamakan kedudukan menjadi 5-5 sebelum Nadal akhirnya menahan servisnya, lalu mematahkan servis sekali lagi untuk menutup kemenangan.

Nadal mengaku tidak terkejut mengalami pasang surut dalam pertandingan.

"Tidak mungkin benar-benar percaya diri dan nyaman setelah cedera mungkin sekitar enam bulan," kata Nadal.

Nadal akan menghadapi pemenang laga antara petenis Australia Alexei Popyrin dan petenis Belanda Tallon Griekspoor di babak perempat final. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT