03 January 2022, 06:45 WIB

Reli Dakar 2022 Batalkan Maraton di Etape 2 dan 3


Basuki Eka Purnama |

PENYELENGGARA Reli Dakar 2022, Minggu (2/1), membatalkan peraturan maraton untuk etape dua dan tiga setelah hujan lebat mengguyur Arab Saudi dan membanjiri area penginapan para kru dan pembalap.

Setelah menyelesaikan prolog dan etape pertama di Ha'il, Minggu (2/1), para pembalap dijadwalkan menjalani dua hari etape maraton dengan mereka harus mandiri dan tidak diperbolehkan menerima bantuan dari anggota tim mereka.

Akan tetapi, Ha'il dan bagian utara Arab Saudi dilanda hujan lebat pada Sabtu (1/1) siang sehingga bivouac, di mana kompetitor bermalam di tenda tanpa mekanik mereka, untuk Senin (3/10 malam, kebanjiran.

Baca juga: Sanders Perlebar Jarak di Puncak Klasemen Sepeda Motor Reli Dakar

ASO, selaku panitia penyelenggara, seperti dilansir motorsport.com, memutuskan untuk menjadikan etape 2 dan 3 sebagai etape normal yang memungkinkan pembalap menerima bantuan dari luar di setiap akhir etape.

Sebagai dampaknya, special stage setiap etape tidak mengalami perubahan, namun rute liaison kedua, yang semula finis di Al Artawiyah akan berganti titik akhir di bivouac Al Qaisumah, terletak 100 km dari Kuwait.

Etape 2 dengan special stage sejauh 338 km akan menyajikan jajaran gunung pasir yang menantang para kompetitor untuk pertama kalinya di Dakar tahun ini.    

Sejumlah pabrikan dan peserta sebelumnya sempat mengeluhkan soal posisi etape maraton yang digelar di awal kompetisi, yang belum pernah terjadi dalam sejarah penyelenggaraan Reli Dakar.

Namun, ketua ASO David Castera menjelaskan penjadwalan maraton yang lebih dini itu karena alasan logistik. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT