02 January 2022, 13:50 WIB

Raducanu Mundur dari Turnamen Pemanasan Jelang Australia Terbuka


Akmal Fauzi | Olahraga

EMMA Raducanu mundur dari turnamen pemanasan menjelang Australia Terbuka yang akan digelar di Melbourne Park, Januari mendatang. Petenis 19 tahun itu merasa belum siap karena baru kembali dari masa isolasi usai dinyatakan positif covid-19. 

Juara AS Terbuka itu direncanakan tampil bersama juara bertahan Australia Terbuka Naomi Osaka dan mantan petenis nomor satu dunia Simona Halep di turnamen yang akan digelar mulai Selasa (4/1). Namun setelah berlatih di Melbourne Park, ia memilih mundur karena positif terinfeksi covid-19 sebelum melakoni pertandingan eksibisi di Abu Dhabi bulan lalu dan menghabiskan beberapa waktu untuk mengisolasi diri.

"Waktu untuk bertanding di event Melbourne pertama minggu ini terlalu cepat bagi saya, karena baru saja kembali dari isolasi," katanya. Petenis berusia 19 tahun menjadi petenis putri Inggris pertama yang memenangkan gelar Grand Slam sejak Virginia Wade pada musim 1977 ketika petenis berdarah Rumania dan Tiongok tersebut memenangkan gelar Amerika Serikat Terbuka musim lalu. 

Ia cukup kesulitan untuk menemukan performa terbaik sejak saat itu. Raducanu telah bekerja dengan pelatih Torben Beltz menjelang musim 2022 yang akan menjadi musim komplet pertamanya di turnamen WTA. 

Runner up Prancis Terbuka musim 2021 Anastasia Pavlyuchenkova juga terpaksa memutuskan mundur dari turnamen di Melbourne setelah ia positif terpapar covid-19 awal pekan ini dan langsung menjalani isolasi diri setelah tiba di Australia pada Selasa (28/12). Ada keraguan ia akan sehat tepat pada waktunya demi Australian Terbuka musim 2022 yang akan digelar pada 17 Januari atau tidak.

Baca juga: Dominic Thiem Mundur dari Australia Terbuka 2022

"Saya telah sepenuhnya divaksinasi dan mempersiapkan diri untuk awal musim 2022 di Dubai," ungkap Pavlyuchenkova melalui media sosial. "Tetapi kita hidup di masa yang sangat menyulitkan dan tidak terduga. Saat ini saya tengah menyelesaikan isolasi di hotel yang ditentukan dan mengikuti semua protokol di bawah pengawasan para dokter," lanjutnya. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT