21 December 2021, 12:15 WIB

Quartararo Tuntut Kenaikan Gaji dari Yamaha untuk Musim Depan


Ilham Ananditya |

PERAIH gelar juara dunia MotoGP 2021 Fabio Quartararo dikabarkan meminta kenaikan gaji sebesar hampir lebih dari 14 kali lipat untuk perpanjangan kontrak bersama tim Yamaha Racing.

Bukan soal motor bertenaga dan kencang untuk merusak dominasi kecepatan Ducati pada musim berikutnya, pembalap berusia 22 tahun itu menuntut agar Yamaha dapat menaikkan nilai kontraknya pada musim depan.

Menyandang mahkota juara, tentunya Quartararo menjadi pembalap paling bersinar musim ini dengan nilai jual yang melambung tinggi. 

Baca juga: Tahun Depan, MotoGP dan Amazon akan Luncurkan Serial Dokumenter

Dengan alasan itu, dirinya merasa berhak meminta kenaikan gaji. Namun, tidak tanggung-tanggung, pembalap asal Prancis itu meminta bayaran setara dengan juara dunia enam kali, Marc Marquez.

"Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, Quartararo membuat permintaan atau pengajuan yang sangat tinggi kepada Yamaha. Yang saya ketahui, dia meminta 20 juta euro (sekitar Rp325 miliar)," menurut informasi yang diperoleh pengamat MotoGP, Carlo Pernat.

Menurut sang manajer Eric Mahe, sudah ada dua tim yang mencoba melakukan pendekatan dan merebut tanda tangan Quartararo. Ia juga belum mengetahui apakah sang pembalap akan berhenti atau tetap bersama pabrikan Jepang itu.

Meniliki gaji yang diajukan Quartararo, kenaikan gaji yang ia minta adalah hampir 14 kali lipat. 

Sebelumnya, Quartararo mendapat bayaran 1,5 juta euro (sekitar Rp24 miliar) per musimnya. Tentu hal ini akan menyaingi bayaran tertinggi saat ini yang dipegang Marquez. Pembalap asal Spanyol itu diperkirakan memiliki kisaran gaji 17-20 juta euro.

Hingga sekarang, belum diketahui respons Yamaha akan tuntutan Quartararo. Terdapat beberapa faktor yang akan menjadi kesulitan tim Yamaha untuk dapat mengabulkan hal tersebut. Yakni, saat ini kondisi perekonomian masih dalam situasi covid-19. Ditambah konsistensi Quartararo belum teruji untuk menyamai Marquez. 

Yang jelas, ia telah merebut kembali gelar juara dunia pertama bagi tim Yamaha sejak Jorge Lorenzo pada 2015 lalu.

Di sisi lain, Honda Racing berencana menduetkan Quartararo bersama Marquez di ajang MotoGP 2023. (GPOne/OL-1)

BERITA TERKAIT