14 December 2021, 21:38 WIB

Jamal Mewengkang Raih Piala Bergilir KASAD CUP 2021


mediaindonesia.com |

KELAS Eventing Individual Open pada KASAD CUP 2021 Olahraga Berkuda Equestrian dimenangkan oleh Jamal Mewengkang bersama kuda All Right. Atlet asal Jawa Barat itu berhak atas Piala Bergilir KASAD CUP tahun ini.

Penyerahan Piala Bergilir KASAD CUP tersebut dilaksanakan pasca rangkaian kompetisi ditutup resmi oleh Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Danpussenkav) Mayjen TNI Gunung Iskandar, Selasa (14/12).

Kompetisi yang diselenggarakan Detasemen Kavaleri Berkuda (Denkavkud) Parongpong dan Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP.Pordasi) berakhir dengan tuntas dan lancar sejak resmi dibuka KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada 8 Desember lalu.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP.Pordasi Adinda Yuanita berharap kompetisi tingkat nasional tersebut dapat memberikan dampak positif kepada para atlet yang akan menghadapi multievent internasional.

“Dengan KASAD CUP ini, diharapkan akan memotivasi atlet-atlet Equestrian yang akan berangkat ke Asian Games,” jelas Adinda. Pasalnya para atlet membutuhkan banyak pertandingan guna menjadi seorang atlet juara, salah satunya rangkaian KASAD CUP. “Kita berharap prestasi Equestrian setelah kompetisi ini lebih baik lagi,” tambahnya.

Rangkaian kompetisi kali ini juga disertai beberapa pertandingan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang mempertandingkan beberapa provinsi, antara lain Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Selatan.

Adapun yang menjadi juara umum adalah tuan rumah Jawa Barat dengan perolehan 6 emas, 1 perak dan 2 perunggu. Berada pada posisi kedua adalah DKI Jakarta dengan 2 emas, 4 perak dan 1 perunggu. Peringkat ketiga adalah Banten dengan 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Ketua Komisi Equestrian Brigjen TNI Mar Purn Ivan Ahmad Rizky Titus menilai performa secara keseluruhan para peserta dapat diancungi jempol. "Setelah kita dua tahun menghadapi pandemi, dimana kita terbatas sekali untuk latihan, ternyata pada saat ini dibuktikan, bahwa (para peserta) tetap memelihara kudanya, memelihara skill dari atlet,” ujar Ivan yang juga ketua pelaksana acara ini.

Beberapa daftar pemenang menurut kelas;
Show Jumping Team U21
Gold     : Jawa Tengah
Silver    : Jawa Timur
Bronze    : Kalimantan Selatan

Show Jumping Individual Open
1. Marcho A Momuat/ Chico’s Lady dari Jawa Barat
2. Denies Christian Sanjaya/ Denver TS dari Banten
3. Budi Tulodo/ Ormarine dari Banten

Dressage Individual U21
1. Muhammad Akbar Kurniawan/ Black Peony dari DKI Jakarta
2. M Fajar Apriansyah/ Knightly dari Jawa Barat
3. Muhammad Rafi Fatinaya/ Viva La Vie dari Jawa Tengah

Dressage Individual Open
1. Jolfie Momongan/ Commodore dari Jawa Barat
2. Muhammad Akbar Kurniawan/ Asa Kurnia dari DKI Jakarta
3. Glory Gabrielle Surya/ Avec Passion dari Jawa Tengah

Eventing Individual Open
1. Jamal Mewengkang/ All Right dari Jawa Barat
2. Yayat Subrata/ Kablala dari DKI Jakarta
3. Steven Menayang/ Donitri Von ZZ dari Jawa Barat

Show Jumping Team Open
Gold    : Jawa Barat
Silver    : DKI Jakarta
Bronze    : Banten

Eventing Team Open
Gold    : Jawa Barat
Silver    : Kalimantan Selatan
Bronze     DKI Jakarta. (Ant/OL-13)

 

BERITA TERKAIT