08 December 2021, 13:25 WIB

SEA Games ke-31 Digelar Mei 2022 di Vietnam


Ilham Ananditya | Olahraga

GELARAN SEA Games yang sempat dikabarkan tertunda akibat pandemi, melalui pernyataan Federasi SEA Games (SEAGF) diumumkan bahwa SEA Games akan dijadwalkan ulang pada 12-23 Mei 2022.

"Penyelenggara SEA Games ke-31 telah mengkonfirmasi bahwa acara tersebut akan diadakan pada 12-23 Mei 2022, pada pertemuan Federasi SEA Games (SEAGF) hari Selasa (7/12) waktu setempat. Pertemuan CDM (Chef de Mission) pertama di Hanoi, dijadwalkan pada Januari 2022 mendatang," mengutip pernyataan di situs resmi Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rabu (8/12).

Vietnam rencananya masih akan menjadi tuan rumah ajang tersebut. Berpusat di Kota Hanoi sebagai pusat utama kota tuan rumah. Mengingat penyelenggaraan masih akan berlangsung pada masa pandemi, pihak panitia akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

"Hanoi akan menjadi kota tuan rumah utama, dengan kota dan provinsi terdekat sebagai kota tuan rumah bersama. Sebagai bagian dari pencegahan pandemi covid-19, panitia juga akan meminta delegasi untuk menyediakan formulir medis atau pengendalian epidemi, serta bukti sertifikat vaksinasi," tulis pernyataan resmi KOI.

"Pihak penyelenggara mengharapkan sekitar 10.000 peserta, yang terdiri dari atlet, ofisial, delegasi teknis, dan media, datang ke Vietnam," lanjutan pernyataan.

Penerapan prokes ketat juga akan mengikuti gelaran olahraga yang sudah ada sebelumnya, mengacu pada Olimpiade Tokyo 2020.

"Panitia akan menerima pertanyaan terkait penanggulangan covid-19 dalam pertemuan tersebut, Bahwa semua peserta (atlet, ofisial, dll) harus menjalani tes PCR saliva setiap hari. Panitia juga akan menyediakan tim medis dan ambulans di setiap tempat kompetisi dan akomodasi," tulis pernyataan resmi KOI.

"Karena tenggat waktu yang sangat ketat, semua Komite Olimpiade Nasional (NOC) meminta penyelenggara untuk segera mengirimkan undangan resmi dan buku pedoman teknis karena mereka harus menyerahkan undangan kepada pemerintah masing-masing," tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, multiajang SEA Games ke-31 akan mempertandingan 526 ajang dari 40 cabang olahraga. Cabor ini dipilih setelah evaluasi bersama oleh panitia penyelenggara, Komite Olimpiade Vietnam, dan berdasarkan Piagam dan Aturan SEAGF.

Pada SEA Games ke-31 ini juga untuk pertama kalinya akan menampilkan Xiangqi, atau Catur Cina. (OL-13)

Baca Juga: Menpora Buka Kejuaraan Indonesia Wushu All Games 2021

BERITA TERKAIT