07 December 2021, 22:35 WIB

Debut Bersama Honda, Avila Bahar Kuasai Seri Terakhir ISSOM dan Kukuhkan Gelar Juara Nasional 


Ghani Nurcahyadi | Olahraga

PEMBALAP Avila Bahar yang tahun ini bergabung bersama tim HOnda Racing Indonesia di ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) sukses menunjukkan talentanya di kelas 1500 ITCR Rising Star dengan merebut gelar juara nasional. 

Akhir pekan lalu di seri terakhir ISSOM 2021, Avila bahkan sukses mencetak perfect weekend dengan menjadi yang tercepat di semua sesi, mulai latihan bebas, kualifikasi, hingga balapan. Kesempurnaan itu ditutup dengan gelar juara nasional yang diraihnya. 

“Terima kasih buat semua, Papi (Alvin Bahar, Ko Imin, dan semuanya, sungguh ‘perfect weekend’. Saya puas banget dengan hasil ini. Tahun depan, siap ke seeded A,” ujar Avila yang kini berstatus mahasiswa itu. 

Sepanjang 6 putaran ISSOM, Avila memang tampil ciamik dan selalu meraih gelar juara di setiap seri. Hingga ia pun sudah ditetapkan sebagai juara nasional kelas 1500 ITCR Rising Star sejak putaran 5 dua pekan lalu. Tapi, baru di seri pamungkas, ia bisa mencatat kemenangan sempurna sejak sesi latihan resmi, kualifikasi hingga balapan akhir. 

Di tiga sesi di akhir pekan yang dimulai pada latihan resmi Sabtu pagi (sedianya digelar Jumat, karena hujan, tertunda ke Sabtu pagi), Avila jadi yang tercepat sekaligus memperpanjang rekor pribadinya menjadi 1.53.09 detik, sementara kompetiter lain, hanya mencatat waktu 1.54 atau 1.55 sekian. 

Baca juga : Alonso Kecewa dengan Performanya di GP Rab Saudi

Kencangnya Honda Jazz Avila kembali ditunjukkan di sesi kualifikasi dengan menjadi yang tercepat. Di antara sejumlah pembalap tercepat, diambil 5 pembalap dengan waktu terbaik, untuk berebut superpole. Lima pembalap itu dilepas satu per satu. Dan, mahasiswa Universitas Indonesia jurusan Vokasi ini lagi-lagi menunjukkan tajinya dengan meraih superpole. 

Di balapan Minggu sore, Avila kembali tak tertahan. Ia tampil sempurna tanpa terkejar. Sampai tiga kali safety car masuk lantaran hujan deras, Avila tetap memimpin jauh di depan hingga Finis pertama, sekaligus resmi sebagai juara nasional kelas 1500 ITCR Rising Star 2021. 

Makin sempurna karena Avila pun mencatat fastest lap di putaran terakhir itu dengan waktu 2.01.462 detik. Sementara rata-rata pembalap senior seperti Fitra Eri, Rio SB atau Avan Abdullah yang bertarung bersama Avila hanya mencatat waktu 2.02 hingga 2.06 sekian. 

Ayahandanya, Alvin Bahar yang juga Direktur Tim Honda Racing Indonesia pun menyatakan rasa puasnya dengan pencapaian Avila di tahun pertamanya bersama Honda Racing Indonesia. 

“Sebuah prestasi gemilang sepanjang 2021, bahkan di putaran terakhir ia mencatat pencapaian sempurna. Saya puas dengan apa yang ia capai. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi,” tutur Alvin yang juga putra pembalap hebat era 80-an, Mendiang Aswin Bahar. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT