07 December 2021, 04:30 WIB

Kontingen Indonesia Bawa Pulang 12 Medali Emas dari AYPG 2021


Basuki Eka Purnama |

KONTINGEN Indonesia membawa pulang 37 medali dengan rincian 12 emas, 11 perak, dan 14 perunggu dari ajang Asian Youth Para Games (AYPG) 2021 yang bergulir di Manamah, Bahrain, 2-6 Desember.

Paraatletik menjadi cabang olahraga paling banyak menyumbang medali emas bagi Indonesia dengan total empat keping dalam pesta olahraga terbesar di Asia untuk atlet muda disabilitas tersebut.

Empat medali emas tersebut diraih masing-masing oleh Ryan Arda Diarta (200 m putra T44), Muhamad Dimas Ubaidillah (400 m putra T11), Firza Faturahman Listianto (100 m putra T46), dan Sholahuddin Al-Ayyubi (tolak peluru putra F41).

Baca juga: Atlet Para Renang Indonesia Berhasil Lampaui Target di AYPG 2021

Sementara itu, tiga medali emas didapat dari pararenang melalui M GerryPahker (100 m gaya dada putra SB6) dan Mutiara Cantik Harsanto (100 m gaya kupu-kupu putri S9 dan 100 m gaya punggung putri S9).

Kemudian dari cabang paraangkat berat, Indonesia meraih dua medali emas melalui Dwiska Afrilia Maharani (79 kg putri) dan Elsa Dewi Saputri (+86 kg putri).

Dua medali emas juga diboyong tim parabulu tangkis masing-masing melalui Hikmat Ramdani/Adinda Nugraheni (ganda campuran SL3-SL4/SU5) dan Hikmat Ramdani (tunggal putra SU5).

Sementara Febriyanti Vani Rahmadhan menyumbang satu emas dari cabang olahraga boccia kategori BC 2 putri.

Deputi Chef de Mission Andar Perdana Widiastono mengatakan Indonesia tidak menargetkan medali dalam AYPG 2021, namun lebih untuk memberikan kesempatan para atlet, yang beberapa di antaranya merupakan debutan, menimba pengalaman bertanding di level internasional.

"Tujuannya adalah pengenalan dan memetakan persaingan untuk ajang selanjutnya seperti Asian Games dan Paralimpiade," kata Andar dalam konferensi pers virtual, Senin (6/12) malam WIB.

Dalam AYPG 2021, Indonesia secara keseluruhan mengirim 35 atlet muda terbaik. Mereka turun dalam tujuh cabang olahraga yakni paraatletik, parabulu tangkis, boccia, parapowerlifting, pararenang, parataekwondo, dan paratenis meja.

Raihan medali kontingen Merah Putih di AYPG edisi ke-empat di Bahrain sejatinya tidak lebih baik dari gelaran sebelumnya di Dubai pada 2017. Kala itu, Indonesia finis di urutan ketujuh dalam klasemen akhir perolehan medali dengan membawa pulang 16 emas, 7 perak, dan 5 perunggu.

"Untuk peringkat perolehan medali, kami masih menunggu konfirmasi dari pihak penyelenggara. Tetapi yang jelas pencapaian atlet cukup luar biasa dengan raihan 12 emas, 11 perak, dan 14 perunggu di Bahrain," pungkas Andar. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT