06 December 2021, 03:30 WIB

Juarai GP Arab Saudi, Hamilton Samai Poin Verstappen


Widhoroso |

PENAMPILAN luar biasa diperlihatkan Lewis Hamilton pada balap Formula 1 GP Arab Saudi yang berlangsung di Jeddah Corniche Circuit, Senin (6/12) WIB. Pembalap tim Mercedes tersebut menjadi yang tercepat untuk menyelesaikan lomba yang berlangsung dalam 50 putaran.

Dalam balapan yang diwarnai dua kali kibaran bendera merah itu, Hamilton membukukan waktu  2 jam 6 menit 15,118 detik. Hamilton unggul 11,825 detik atas pembalap Red Bull Honda, Max Verstappen yang berada di posisi dua. Sedangkan posisi tiga ditempati rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas.

Hasil lomba di Arab Saudi membuat Hamilton dan Verstappen kini sama-sama memiliki poin 369,5. Hal ini membuat penentuan juara dunia F1 2021 akan berlangsung di GP Abu Dhabi yang merupakan seri pamungkas, pekan depan.

GP Arab Saudi, yang baru pertama kali digelar, berlangsung dramatis. Hamilton yang start dari posisi terdepan langsung melesat untuk memimpin lomba. Namun, posisi Hamilton diambilalih Verstappen saat lomba dihentikan akibat Mick Schumacher mengalami kecelakaan di lap 14.

Sesaat setelah start ulang, race director kembali menghentikan balapan usai kecelakaan yang melibatkan beberapa pembalap. Saat start kembali diulang, posisi terdepat ditempati pembalap tim Alpine, Esteban Ocon diikuti Hamilton di posisi dua dan Verstappen di posisi tiga.

Namun, dengan start mulus yang dilakukan, Verstappen mampu melejit dan memimpin lomba diikuti Hamilton di posisi dua. Setelah itu, kedua pembalap terlibat persaingan sengit.

Puncaknya terjadi lap ke-37 saat Hamilton menabrak ban belakang mobil Verstappen. Peristiwa ini terjadi karena Verstappen melakukan pengereman mendadak sehingga Hamilton yang membuntuti di belakang, tidak mampu menghindar. Akibat tindakannya itu, Verstappen terkena hukuman pengurangan waktu lima detik.

Peristiwa tersebut membuat sayap depan kiri mobil Hamilton mengalami kerusakan. Namun, pembalap Inggris tersebut mampu terus melanjutkan lomba dan finis di posisi pertama. (OL-15)   

 

BERITA TERKAIT