04 December 2021, 10:16 WIB

Ratri Raih Gelar Pemain Terbaik BWF Tiga Kali Beruntun


Ilham Ananditya |

ATLET para bulu tangkis Indonesia, Leani Ratri Oktila terpilih sebagi pemain terbaik versi federasi bulu tangkis dunia (BWF). Ratri dinobatkan sebagai Atlet Putri Terbaik Para Bulu Tangkis 2021. Penghargaan itu tentunya melengkapi perjalanan karier cemerlang Ratri sepanjang tahun ini.

Dalam kategori Atlet Putri Terbaik, Ratri mengungguli pemain para bulu tangkis lainnya seperti Cheng Hefang dan Liu Yutong (Tiongkok), Faustine Noel (Prancis), Sujirat Pookham (Thailand), dan Sarina Satomi (Jepang).

Penghargaan yang diraih, tentunya semakin memperpanjang rekor individu Ratri. Ini menjadi penghargaan ketiga kalinya secara berturut-turut yang diraih oleh atlet berusia 30 tahun tersebut.

"Saya bangga bisa terpilih sebagai BWF Female Para Badminton Player of The Year untuk tahun ini sekaligus merupakan penghargaan ketiga bagi saya dalam tiga tahun berturut-turut," ucap Ratri.

Ratri menerima penghargaan langsung dari Presiden BWF, Poul-Erik Hoyer Larsen di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali.

Selain penting bagi karirnya, Ratri juga berharap pencapaian gemilang ini juga bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

"Semoga apa yang saya raih sekarang bisa menjadi motivasi bagi diri sendiri dan menjadi inspirasi untuk orang lain. Penghargaan ini juga menjadi penyemangat bagi saya agar bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasi saya ke depan" tambah Ratri.

Penobatan Ratri sebagai pebulu tangkis putri terbaik BWF bukanlah tanpa alasan. Sepanjang tahun ini, Ratri mampu meraih sejumlah prestasi. Dengan pencapaian tertingginya yakni mampu merebut dua medali emas dan satu perak pada Paralimpiade Tokyo 2020.

Sepasang medali emas Ratri diraih dari nomor ganda putri SL3-SU5 saat berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah dan ganda campuran SL3-SU5 berpasangan dengan Hary Susanto. Sedangkan medali perak diraih dari tunggal putri SL4.

Sebenarnya, wakil Indonesia Hary Susanto/Leani Ratri mendapat satu nominasi di kategori pemain para bulu tangkis ganda. Sayangnya, penghargaan di kategori ini diberikan kepada pasangan Prancis, Lucas Mazur/Faustine Noel. (NPCI/OL-13)

Baca Juga: Varian Covid-19 Omicron Dapat Memperlambat Pertumbuhan Global

BERITA TERKAIT