29 November 2021, 14:53 WIB

Tim Tenis Rusia Melaju ke Perempat Final Piala Davis


 Ilham Ananditya | Olahraga

TIM Federasi Tenis Rusia (RTF) amankan tempat di laga perempat final Piala Davis, pada Senin (29/11) dini hari. Usai mengalahkan mantan juara bertahan tim Spanyol dengan skor 2-1 dan keluar sebagai juara grup A.

Pada pertandingan gim pembuka sektor tunggal putra, Andrey Rublev harus kalah terlebih dulu melawan wakil Spanyol, Feliciano Lopez. Petenis peringkat ke-5 dunia itu kalah dalam tiga gim 6-2, 3-6, dan 4-6.

Lopez kemudian mengungkapkan kebahagiaan dirinya dapat bermain dengan Rublev. Dapat bermain sampai titik sejauh ini di usianya yang sudah 40 tahun adalah kesempatan baik dalam karirnya.

"Ini bahkan sudah di atas ekspektasi apa pun. Bagi saya, sungguh luar biasa bisa mewakili negara saya (Spanyol) di usia 40 tahun," tutur Lopez usai laga.

"Saya tak menargetkan bermain tunggal, tapi karena ada beberapa masalah akhirnya saya bermain di sektor itu. Bermain melawan Rublev, petenis peringkat ke-5 dunia, sudah melebihi ekspektasi saya," lanjutnya.

Melanjutkan pada pertandingan kedua, petenis peringkat kedua dunia Daniil Medvedev berhasil menyamakan kedudukan. Setelah menumbangkan Pablo Carreno-Busta dua gim langsung, 6-2 dan 7-6 (7-3).

Pada gim ini, hasil imbang saja pada gim pembuka saja, sudah dapat memastikan RTF untuk lolos ke perempat final.

Melanjutkan pada gim ketiga di sektor ganda putra, Andrey Rublev/Aslan Karatsev bekerja sama memastikan diri lolos dari grup A. Rublev/Karatsev menghentikan laju Marcel Granollers/Feliciano Lopez dalam tiga gim 4-6, 6-2, dan 6-4 persis 120 menit permainan.

Kemenangan mutlak ini membuat Rublev merasa senang. Sembari kilas balik timnya yang juga pernah yang hanya mencapai semifinal pada 2019.

"Kita sangat senang dapat mencapai perempat final. Kita akan melakukan yang terbaik ke depannya. Dua tahun lalu kita berada di semi final. Setiap pemain tentunya akan memberikan kekuatan 100% mereka, jadi itu perlu di waspadai," kata Rublev.

Dalam pertandingan lainnya, tim Italia dan Kroasia akan menjalani pertandingan pembuka perempat final pada Senin (29/11) malam. (And/DavisCup/ATPTour/OL-09)

BERITA TERKAIT