26 November 2021, 11:56 WIB

Cilic Bawa Kroasia Kalahkan Australia di Piala Davis


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PETENIS andalan Kroasia Marin Cilic berhasil mengantarkan negaranya merebut kemenangan di pertandingan pertama babak penyisihan grup Piala Davis 2021, setelah sukses menumbangkan petanis andalan Australia Alex de Minaur dalam pertarungan tiga set 6-1, 5-7, dan 6-4.

Dalam aksinya, petenis peringkat 30 dunia, yang membantu Kroasia meraih gelar Piala Davis pada 2018 itu, melepaskan 29 pukulan kemenangan dan bangkit dari break down pada set ketiga untuk mengamankan kemenangan dalam pertandingan berdurasi 2 jam 10 menit.

"Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk kembali ke lapangan dan bermain untuk Kroasia,” kata Cilic dikutip dari ATPtour, Jumat (26/11).

Baca juga: Kakak Beradik Ymer Senang Antar Swedia Kalahkan Kanada

"Kami belum pernah bertanding dalam 20 bulan terakhir. Sangat menyenangkan bermain melawan tim Australia, mereka bertarung dengan kuat. Setiap pertandingan di sini sangat penting bagi kami,” imbuhnya.

Sebelum Cilic berhasil merebut kemenangan untuk Kroasia di partai kedua, petenis Borna Gojo terlebih dahulu meraih kemenangan dengan mengalahkan Alexei Popyrin dalam pertarungan ketat 7-6 (5) dan 7-5.

Dalam pertandingannya, pemain berusia 23 tahun itu melepaskan delapan ace dan menyelamatkan lima break point yang dihadapinya melawan petenis peringkat 61 dunia itu, sebelum akhirnya mengamankan kemenangan dalam waktu 1 jam 52 menit.

“Rasanya luar biasa,” kata Gojo. “Kami memiliki dukungan yang luar biasa di sini, saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang datang dari Kroasia. Ini adalah kemenangan besar bagi saya."

“Dia (Popyrin) mungkin pemain yang lebih baik di set pertama, tetapi saya tahu jika saya fokus pada servis saya, saya akan memiliki peluang pada akhirnya. Jadi saya tahu saya bisa bersaing dengannya,” jelas Gojo.

Di partai ketiga, pasangan Nikola Mektic/Mate Pavic sukses menyempurnakan keunggulan Kroasia atas Australia menjadi 3-0.

Tampil gemilang sepanjang pertandingan, Nikola Mektic/Mate Pavic berhasil melewati tantangan Aleix De Minaur/John Peers dalam pertarungan dua set langsung dengan skor 6-3 dan 6-1.

Adapun atas hasil itu, Kroasia saat ini duduk di puncak klasemen Grup D dengan mengumpulkan 3 poin. Di pertandingan kedua babak penyisihan Grup D, Kroasia akan menghadapi Hongaria yang dijadwalkan digelar pada Minggu (28/11) waktu setempat. (ATPtour/OL-1)

BERITA TERKAIT