25 November 2021, 12:00 WIB

Lakukan Debut di Piala Davis, Alcaraz : Mimpi Yang Jadi Kenyataan


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

JUARA Next Gen ATP Finals 2021 Carlos Alcaraz Garfia akan memulai debutnya membantu tim Spanyol di Piala Davis. Spanyol akan memulai pertandingan Grup A melawan Ekuador Jumat (26/11) waktu Madrid.

Dengan Absennya juara Prancis Terbuka 13 kali Rafael Nadal membela tim Spanyol musim ini, Alcaraz menjadi bintang baru yang diharapkan dapat membawa Spanyol mempertahankan gelar juara.

"Bagi saya ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan," kata Alcaraz terkait debutnya di Piala Davis, dikutip dari laman resmi turnamen, Kamis (25/11).

Baca juga: Alcaraz Bela Timnas Piala Davis Spanyol, Nadal Absen

"Saya sudah menonton turnamen ini sejak saya masih kecil. Saya ingat ketika saya datang untuk menonton David Ferrer melawan (Philipp) Kohlschreiber di Valencia. Itu benar-benar menakjubkan dan saya ingat saya pernah berpikir bahwa suatu hari saya akan berada di sana, saya selalu ingin mewakili Spanyol di Piala Davis," tuturnya.

Dalam perjalanan kariernya pada tahun ini, Alcaraz tampil cukup baik terlebih pada paruh kedua musim ini. Selain sukses memenangakan juara Next Gen ATP Finals 2021 petenis berusia 18 tahun itu juga berhasil merebut gelar juara di Kroasia Terbuka.

Alcaraz juga sukses mencapai babak perempat final Amerika Serikat (AS) Terbuka termasuk mengalahkan petenis unggulan ketiga Stefanos Tsitsipas di putaran ketiga. Selain itu, dia juga berhasil menaklukkan runner-up Wimbledon Matteo Berrettini di perempat final Wina Terbuka.

"Sepanjang tahun, saya telah melakukan banyak hal dengan baik dan hasilnya bagus. Saya puas dengan pekerjaan yang telah saya lakukan, saya mendapatkan rasa hormat di lapangan, sedikit demi sedikit saya mulai dikenal baik di lapangan maupun di luar lapangan," terangnya.

"Meraih semuanya dengan cepat, itu tak menghalangi saya untuk terus berkembang, untuk terus tumbuh sebagai pemain," sambungnya.

Akan tampil pertama kali di Piala Davis, Alcaraz menyebutkan pengalamannya di sejumlah turnamen sebelumnya akan menjadi pembelajaran berharga baginya, dan dia telah belajar banyak dari hal tersebut untuk membantu tim Spanyol di Piala Davis.

"Saya selalu mengatakan bahwa kami belajar dari pengalaman, anda perlu menjalani momen, anda perlu memainkan pertandingan, gagal, jatuh, dan dari momen sulit itu saya belajar untuk menghadapinya" ucapnya.

"Saya beruntung memainkan banyak turnamen penting melawan pemain besar di stadion besar dan dari semua momen itu, saya telah belajar. Saya juga telah bekerja dengan psikolog yang sejujurnya telah membantu saya sampai di sini," tukasnya.

Adapun di Piala Davis tahun ini, Sergi Bruguera akan tampil sebagai kapten tim Spanyol sementara sederet nama petenis andalan Spanyol seperti Pablo Carreno Busta, Albert Ramos-Vinolas, Fellcalno Lopez dan Marcel Granollers, akan bergabung bersama Alcaraz. (Daviscupfinals.com/OL-1)

BERITA TERKAIT