24 November 2021, 11:20 WIB

Kontrak Diperpanjang, Valtteri Bottas Fokus pada Balapan


 Ilham Ananditya | Olahraga

PEMBALAP asal Finlandia, Valtteri Bottas kini dapat tampil maksimal di ajang Formula 1 tanpa perlu memikirkan ketidakpastian masa depannya.

Kini Bottas sepenuhnya dapat fokus kembali ke balapan, setelah mendapat kontrak multi-tahun bersama timnya yang baru, Alfa Romeo mulai 2022.

Sebelumnya dengan kontrak yang diberikan tim Mercedes selalu berlaku selama satu tahun, diakuinya tak membuatnya nyaman dan fokus balapan. Sejak 2017 hingga akhir 2021, tak jarang pula mendapat hasil yang kurang memuaskan.

"Itu (kontrak satu tahun) mungkin memiliki efek yang lebih besar daripada yang saya pikirkan. Segera semuanya selesai. Saya sudah tahu apa yang akan saya lakukan beberapa tahun ke depan," kata Bottas lega soal kontraknya dengan Alfa Romeo.

"Saya merasa sedikit lebih bebas dan tak memiliki tekanan (soal masa depan). Saya merasakan hampir seperti beban terangkat dari pundak. Saya sebenarnya dapat fokus bersama tim, selama beberapa tahun ke depan. Bukan hanya selama satu tahun," sindir Bottas ke Mercedes.

Prinsipal Mercedes, Toto Wolff, pernah berkata bahwa 'tekanan' dapat menghasilkan sebongkah berlian bernilai tinggi. Bottas mengangguk setuju, namun tidak untuk apa yang dialaminya sendiri selama ini.

"Untuk jangka waktu tertentu mungkin (pernyataan) itu bagus dan masuk akal. Tapi bagaimana faktanya jika itu terjadi selama sembilan tahun," lanjut Bottas soal dirinya yang sudah bergabung dengan tim Williams sejak 2013.

Sejak terkonfirmasi 6 September 2021 lalu, bahwa Bottas akan menjadi pembalap baru bagi tim Alfa Romeo. Pembalap berusia 32 tahun itu akan menggantikan peran Kimi Raikkonen di Alfa Romeo, yang pensiun pada akhir musim 2021.

Rencananya, Alfa Romeo juga akan menduetkan Bottas bersama pembalap muda baru asal Tiongkok. Dia adalah Guanyu Zhou, yang nantinya akan menjadi pembalap F1 pertama asal Tiongkok. (And/Autosport/Motorsport/OL-09)

BERITA TERKAIT