23 November 2021, 14:35 WIB

Gregoria dan Shesar Melaju ke Babak Kedua Indonesia Open


Ilham Ananditya | Olahraga

PEMAIN tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung tanpa banyak menemui kesulitan maju ke babak kedua. Dia mengalahkan Supanida Katethong asal Thailand di putaran babak pertama turnamen bulutangkis Indonesia Open 2021.

Gregoria mencatat kemenangan 'straight game' 21-16 dan 21-15 dalam tempo 34 menit di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Selasa (23/11) siang.

"Senang rasanya bisa menang, sebab di Indonesia Masters lalu saya kalah babak awal. Tadi bisa lebih tenang bermain," ujar Gregoria usai tanding.

Juara Kejuaraan Dunia Junior 2017 itu mengaku saat gim kedua sempat tidak fokus. Pasalnya, dia ingin menyelesaikan permainan dengan cepat.

"Gim kedua saya sempat hilang fokus, karena mau buru-buru menyelesaikan pertandingan. Jadi penempatan bola tidak akurat," imbuhnya.

Kemenangan Gregoria atas Supanida adalah yang keempat dari lima pertemuan. Satu kemenangan dikemas Supanida saat bertemu di Thailand Terbuka 2017.

Saat di Indonesia Masters pekan lalu, Gregoria terhenti di tangan unggulan kedelapan asal Jepang, Sayaka Takashi dalam tiga gim. Untuk tampil di ajang Indonesia Open, Gregoria sudah mempersiapkan diri terutama mental tanding.

"Karena saya sering kalah, mental tanding harus diperbaiki. Harus lebih berani dan hindari kesalahan sendiri," katanya.

Baca juga: Tunggal Putra Indonesia Shesar Hiren Rhustavito Tembus Babak 16 Besar

Laga di babak kedua, Gregoria menunggu lawan dari pemenang antara unggulan kelima Thailand, Pornpawee Chochuwong dan Lianne Tan dari Belgia. Gregoria pernah mengalahkan Chochuwong di Indonesia Open 2019, tetapi dibalas saat bertemu di Piala Uber 2020.

"Kalau ketemu Pornpawee, harus bersiap banget. Dia punya variasi pukulan bagus," katanya.

Sementara sebelumnya di sektor tunggal putra, Shesar Hiren Rhustavito juga sukses mengamankan tiket ke babak 16 besar usai mengalahkan Sitthikom Thammasin asal Thailand.

Shesar menang dengan skor 21-12, 15-21, dan 21-16 atas Thammasin.

Selepas pertandingan, pemain yang akrab disapa Vito itu mengaku senang bisa mengalahkan Thammasin.

"Bersyukur saya bisa menang pada pertandingan ini. Saya menang melawan lawan yang punya kemampuan luar biasa. Saya sendiri puas bisa mengeluarkan bentuk permainan terbaik," ungkap Vito.

Pada pertandingan ini, Vito mengaku sempat keteteran di gim kedua. Dirinya terlalu mengikuti permainan lawan. Akibatnya Thammasin bisa menang di gim itu dengan skor 21-15.

"Evaluasi buat lawan nanti, saya tidak mau mengikuti permainan lawan. Itu menjadi evaluasi buat saya ke depan," tambah Vito.

Berbekal kemenangan pada pertandingan ini membuat pemain berusia 27 tahun itu melangkah ke babak 16 besar. Pada babak berikutnya, Vito akan menghadapi Rasmus Gemke (Denmark) yang sebelumnya mengalahkan Lee Zii Jia (Malaysia), 13-21, 25-23, dan 21-16.

Menghadapi laga berikutnya Shesar tidak mau ambil pusing dan ingin pulih segera supaya fokus saat pertandingan 16 besar.

"Calon lawan berikutnya sama, mereka punya tipe permainan cepat dan saya tidak mau memikirkan hal-hal lain. Saya sekarang mau istirahat terlebih dahulu," pungkas Vito.

Rencananya laga babak 16 besar SimInvest Indonesia Open 2021 akan digelar pada Kamis (25/11) mendatang.(OL-4)

BERITA TERKAIT