16 November 2021, 09:12 WIB

Rublev Raih Kemenangan di Laga Perdana ATP Finals 2021


Rifaldi Putra Irianto |

PETENIS peringkat lima dunia Andrey Rublev sukses merebut kemenangan perdananya di ATP Finals 2021, usai melibas juara ATP Finals 2019 Stefanos Tsitsipas dengan kemenangan 6-4 dan 6-4.

Bertarung di Stadion Pala Alpitour, Turin, Italia, Rublev tampil gemilang sepanjang 1 jam 30 menit, berjuang untuk mendapatkan kembali performa terbiknya menyusul kekalahan dalam lima pertandingan dari tujuh pertandingan terakhirnya, termasuk kekalahannya di putaran pertama Paris Masters, awal November lalu.

“Saya pikir kemenangan ini adalah jawaban atas apa yang sudah saya latih selama ini, bahwa kami hidup untuk berada di sini dan menikmati atmosfer ini, bermain tenis yang hebat dan untuk dinikmati para penonton,” ucap Rublev usai pertandingan dikutip dari ATPtour, Selasa (16/11).

“Saya bisa melakukan yang terbaik hari ini, saya melakukannya dan saya sangat senang,” imbuhnya.

Baca juga: Meski Kalah di Laga Pembuka ATP Finals, Tsitsipas Tetap Optimistis

Rublev mendominasi pertandingan dengan servis yang kuat, dia melakukan servis pertama yang kuat dalam pertandingan, servis pertamanya sukses memenangkan 90% poin dari servis tersebut. Biasanya, persentase keberhasilan servis pertamanya hanya mencapai 56%.

“Ketika Anda melakukan servis dengan baik, itu selalu menjadi kuncinya,” kata Rublev.

“Tapi itu bahkan bukan hanya servis. Saya tampil sangat agresif, dari baseline saya juga sangat agresif. Hari ini saya memainkan pertandingan yang hebat dan saya sangat senang,” terangnya.

Sebelum turnamen dimulai, Rublev mengakui bahwa ia harus mengatasi rasa tegang pada debutnya di ATP Finals musim lalu ketika ia mencatatkan 1-2 di fase grup.

Musim lalu, dia kalah dari petenis peringkat empat dunia Tsitsipas, dalam pertarungan tiga set 1-6, 6-4, dan 6-7, dan hanya mengklaim satu kemenangan atas petenis Austria Dominic Thiem 6-2 dan 7-5.

Satu musim kemudian, petenis berusia 24 tahun belajar dari pengalaman tersebut dan tampak stabil dari poin pertama setelah ia mematahkan servis Tsitsipas, untuk kemudian mengklaim kemenangan perdananya di ATP Finals 2021.

Selanjutnya, di pertarungan kedua fase grup Rublev akan ditantang petenis nomor satu dunia Novak Djokovic. Sebelumnya, Djokovic juga berhasil mengklaim satu kemenangan di fase grup atas petenis Norwegia Casper Ruud dengan kemenangan 7(7)-6(4) dan 6-2. (ATPtour/OL-1)

BERITA TERKAIT