15 November 2021, 11:35 WIB

Lakukan Selebrasi Kemenangan, Hamilton Malah Kena Denda


Ilham Ananditya | Olahraga

JUARA dunia F1 tujuh kali, Lewis Hamilton harus menerima denda 5.000 euro atau sekitar 81,3 juta rupiah karena melepas sabuk pengaman saat melakukan selebrasi kemenangan di F1 GP Brasil.

Hamilton terlihat melepas sabuk pengamannya selama 'cool down lap' sembari melakukan selebrasi atas kemenangan yang ia raih. Ia dinilai oleh petugas Steward melanggar aturan Kode Olahraga Internasional soal sabuk pengamanan (melewati 'Chequered Flag'), khususnya pasca-balapan.

Akhirnya pembalap Mercedes itu harus terkena denda sebesar 5.000 euro, dengan tambahan senilai 20 ribu euro atau sekitar 325,5 juta rupiah yang ditangguhkan hingga akhir musim 2022.

"Pengemudi mobil #44, Lewis Hamilton, membuka sabuk pengamannya pada akhir balapan. Meski petugas bersimpati atas selebrasi yang dilakukannya, namun pada dasarnya hal itu dinilai tidak aman. Karena melepaskan sabuk pengaman saat mobil sedang bergerak," mengutip pernyataan petugas Steward Federasi Internasional Mobil (FIA).

Mulanya, usai melewati garis finis Hamilton berhenti di dekat seorang petugas Marshal untuk mengambil bendera Brasil.

Kemudian ia melakukan selebrasi dengan memegang bendera dari kokpit mobil W12, kemudian membawanya ke podium. Tak lama diumumkan, bahwa Hamilton dikenai denda oleh petugas Steward.

"Kecepatan lambat pada mobil F1 masih dinilai sangat cepat untuk seorang pengemudi tanpa menggunakan pengaman. Sangat krusial bagi pengemudi mempelajari pentingnya menggunakan semua perangkat keselamatan mobil setiap saat," lanjutan pernyataan.

Namun investasgi tersebut, tidak memengaruhi hasil akhir. Hamilton dapat merebut kemenangan di GP Brasil, kini dirinya hanya selisih 14 poin dari pemuncak klasemen F1, Max Verstappen. (And/ChannelNewsAsia/TheStar/OL-09)

BERITA TERKAIT