28 October 2021, 10:18 WIB

McLaren Akui Ferrari Lebih Cepat dengan Power Unit Baru


Rifaldi Putra Irianto |

PEMBALAP Formula 1 (F1) tim McLaren Lando Norris mengakui performa mobil rival utama timnya Ferrari lebih cepat dengan power unit baru yang diperkenalkan di GP Rusia. Norris mengatakan hal itu terbukti dalam penampilan Ferrari di GP Amerika Serikat (AS), akhir pekan lalu.

Dalam balapan akhir pekan lalu, di Circuit Of The Americas (COTA), dua pembalap Ferrari berhasil menempati grid di depan McLaren. 

Saat balapan, tim kuda jingkrak itu juga menunjukkan kecepatan yang sangat baik dengan dua pembalapnya finis di posisi ke-4 (Charles Leclerc) dan ke-7 (Carlos Sainz).

Baca juga: Verstappen Juara GP AS

"Saya pikir Ferrari jauh lebih cepat dibandingkan kami. Dan, menurut saya, kami tidak memiliki kecepatan yang bagus sepanjang akhir pekan di Austin," ucap Norris dikutip dari MotorSport, Kamis (28/10).

"Jelas mereka lebih unggul saat ini. Tidak lebih cepat di setiap trek, tapi mobil mereka lebih konsisten daripada mobil kami," imbuhnya.

Meskipun mengakui Ferrari jauh lebih kuat, saat ini, Norris menyatakan timnya akan terus berjuang sekuat tenaga untuk tetap unggul terlebih balapan menyisahkan 5 seri lagi.

"Tapi itu tidak mengubah cara kami berusaha dan terus mendorong untuk tetap unggul. Bukan kekalahan yang kami inginkan di akhir musim, kami harus mencoba dan melakukan sesuatu untuk kembali berada di depan mereka," terangnya.

Sementara itu, Prinsipal McLaren Andreas Seidl juga mengakui Ferrari, saat ini, jauh lebih cepat dari McLaren. Namun, dia mengaku tidak khawatir dan akan berusaha untuk terus unggul dari Ferrari di klasemen konstruktor.

"Ini kenyataan bahwa mereka (Ferrari) telah membuat langkah yang bagus dengan paket yang dimilikinya saat ini. Begitu juga dengan peningkatan yang mereka perkenalkan dalam hal power unit," sebut Seidl.

"Tapi, saat ini, yang penting adalah kami harus fokus pada diri sendiri. Kami sadar tidak akan ada pengembangan baru lagi pada mobil atau powrr unit, jadi sangat penting bagi kami untuk memiliki akhir pekan yang mulus, balapan yang bagus, dan memiliki strategi yang baik. Semoga itu cukup untuk menghadapi mereka sampai lap terakhir di Abu Dhabi," tukasnya.

Dalam Formula musim 2021, persaingan ketat terjadi antara McLaren dan Ferrari untuk memperebutkan posisi ketiga di klasemen konstruktor. 

Saat ini, McLaren unggul di posisi ketiga dengan mengumpulkan 254 poin, sementara Ferrari terus mencoba mengejar di posisi keempat dengan 250,5 poin. (MotorSport/OL-1)

BERITA TERKAIT