26 October 2021, 13:50 WIB

Konsistensi Jadi Kunci Quartararo Segel Gelar Juara Dunia MotoGP 2021


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PEMBALAP MotoGP tim Yamaha Monster Energy, Fabio Quartararo, berhasil mengunci gelar juara dunia MotoGP 2021, usai keluar sebagai pemuncak klasemen dengan mengumpulkan 267 poin.

Berbicara terkait kesuksesannya El Diablo -julukkan untuk Quartararo- mengungkapkan konsistensinya sepanjang balapan MotoGP musim 2021 adalah kunci dari keberhasilannya menyegel gelar juara dunia.

Seperti diketahui dalam 16 balapan yang telah dilakukan sejauh ini Quartararo berhasil meraih 5 podium utama, 10 kali finis di tiga besar, dan 5 kali merebut pole position.

"Sejauh ini saya telah mencetak poin di 16 balapan yang telah digelar musim ini. Bahkan di Jerez, balapan di mana saya menderita dengan lengan saya. Konsistensi musim ini tidak jauh berbeda seperti 2019, tapi saya lebih cepat musim ini dan itu yang membuat kami memenangkan gelar juara dunia," ucap Quartararo dikutip dari Speedweek, Selasa (26/10).

Memulai balapan di MotoGP Emilia Romagna dari posisi ke-15, Quartararo mengaku bahwa mulanya dia tidak yakin akan mengklaim gelar juara pada balapan tersebut.

Namun usahanya untuk tampil kuat dengan finis di posisi keempat ditambah dengan rival utamanya Francesco Bagnaia yang mengalami crash, membuatnya berhasil mengklaim gelar juara dunia MotoGP 2021.

"Seri balapan kemarin benar-benar bencana, saya harus start dari posisi ke-15 awal yang tidak bagus untuk meraih poin. Saya bahkan sama sekali tidak berpikir untuk dapat memenangkan gelar saya hanya fokus pada poin," tutur Quartararo.

Memiliki tunggangan yang kuat sepanjang musim 2021, Quartararo mengakui bahwa motornya jauh lebih kompetitif dibanding dua musim sebelumnya dan dia menilai usaha tim Yamaha untuk membuat motor yang kuat berhasil pada musim ini.

"Sebenarnya tahun ini saya sudah bisa merasa dapat merebut gelar juara dengan motor ini. Motor mungkin tidak memiliki tenanga yang super cepat, namun motor ini mampu tampil kuat saat tikungan tajam dan memuliki pengereman yang baik," tutur Quartararo.

"Secara umum, motor kami jaub lebih kompetitif dibandingkan 2019 dan 2020. Mengendarainya adalah hal yang menyenangkan. Yamaha telah bekerja keras dan kami harus terus meningkatkannya untuk tahun depan," jelasnya.

Meskipun Quartararo telah sukses menyegel gelar juara dunia MotoGP 2021, namun kompetisi MotoGP musim ini masih menyisahkan dua seri balapan di mana MotoGP Algarve akan digelar pada akhir pekan ini Minggu (7/11), dan MotoGP Valencia akan menjadi penutup seri balapan pada Minggu (14/11). (Rif/Speedweek/OL-09)

BERITA TERKAIT