24 October 2021, 18:52 WIB

Putri Kusuma Wardani Bawa Pulang Gelar Czech Open 2021


Rifaldi Putra Irianto |

PEBULUTANGKIS muda Indonesia Putri Kusuma Wardani berhasil mengklaim gelar juara Czech Open 2021, usai mengalahkan wakil Malaysia, Siti Nurshuhaini, dengan skor kemenangan 21-16 dan 21-5, Minggu (24/10).

Bertarung di City Hall Vodova, Brno, Ceko, ini menjadi gelar juara kedua untuk Putri pada tahun ini setelah sebelumnya dia juga sukses meraih gelar juara di Spain Masters bulan Mei 2021 lalu.

Berbicara terkait kemenangannya, pebulutangkis kelahrian Tanggerang itu mengaku senang dan berharap dapat terus berprestasi di turnamen lainnya.

"Alhamdulillah saya juara di Czech Open. Ini tentu sangat menyenangkan bisa juara. Apalagi, gelar ini saya raih di negara lain. Kemenangan ini tentu juga untuk PBSI, pelatih, dan masyarakat Indonesia yang mendukung saya. Gelar ini juga saya persembahkan untuk kado ulang tahun Papa yang jatuh tanggal 18 Oktober lalu," ucap Putri dalam keterangan PBSI, Minggu (24/10).

"Untuk menjadi juara, saya selalu berjuang keras untuk menang. Saya tidak pernah memandang remeh lawan-lawan. Di Czech Open ini pun saya juga selalu berjuang habis-habisan. Untuk menang memang membutuhkan perjuangan. Ini yang menjadi modal dan motivasi saya setiap turun bertanding," imbuhnya.

Jika melihat dari skor akhir pertandingan, pebulutangkis berusai 19 tahun itu memang terlihat merebut kemenangan dengan mudah, namun Putri mengatakan pertandingannya melawan wakil Malaysia itu bukanlan pertandingan yang mudah.

"Kalau dilihat dari angka, laga di final sepertinya mudah. Tetapi terus terang, saya juga harus berjuang keras. Di gim pertama saya memang sempat terbawa pola lawan. Namun setelah itu saya bisa mengontrol permainan," tuturnya.

"Dari awal saya bermain nothing to lose, saya nikmati pertandingan. Saya mencoba bermain dengan menjauhkan shuttlecock jauh dari jangkauan lawan. Saya selalu membuat lawan harus berlari dan berlari di lapangan,"  terangnya.

Sukses merebut kemenangan di Czech Open 2021, Putri mengatakan pengalamannya di Piala Sudirman dan Piala Uber beberapa waktu lalu memberikannya pengalaman yang berarti untuk merebut gelar juara di Ceko.

"Setelah bermain di Sudirman dan Uber kemarin saya dapat pengalaman bermain dari senior-senior yang saya lawan. Seperti ketenangan mereka saat ketinggalan ataupun unggul, cara mereka bermain juga. Jadi di sini saya dari awal tidak berpikir apa-apa, sebisa mungkin saya main bagus saja di setiap permainan," terang Putri

Adapun setelah kesuksesannya di Czech Open 2020 selanjutnya Putri akan bersiap menuju kejuaraan Belgia International Challenge yang dijadwalkan digelar pada 27 Oktober mendatang. Dan putri berharap dapat kembali menorehkan hasil terbaik.

"Kemenangan ini semoga makin memotivasi saya untuk bertanding lebih baik lagi di Belgia IC. Saya ingin terus berprestasi di luar negeri. Kemenangan di Czech Open ini makin menambah dan jadi bekal semangat saya ke Belgia IC," tukasnya.

Sementara itu di turnamen Denmark Junior Open 2021, Ganda Putri Indonesia Meilysa Trisas Puspita Sari/Rachel Allessya Rose juga berhasil mengklaim gelar juara setelah mengalahkan rekan senegara Savira Nurul Husnia/Kelly Larissa dengan skor kemenangan 21-7 dan 21-10.

Di sektor tunggal putri, Bilqis Prasista harus puas keluar sebagai runner-up setelah beradu kuat dengan wakil Thailand Sirada Roongpiboonsopit dengan skor akhir 18-21 dan 17-21.

Sama seperti Bilqis, di nomor tunggal putra pebulutangkis junior Indonesia Yohanes Saut Marcellyno juga harus puas keluar sebagai runner-up setelah kalah dari wakil India Ayush Shetty 17-21 dan 16-21.

Wakil Indonesia lainnya di nomor Ganda Putra Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat juga harus puas merebut gelar runner-up seteleh melakukan pertarungan ketat tiga set melawan wakil tuan rumah William Kryger Boe/Christian Faust Kjaer dengan skor akhir 17-21, 24-22, dan 13-21. (Rif/OL-09)

BERITA TERKAIT