15 October 2021, 17:00 WIB

Penutupan PON XX Papua, PLN Pastikan Keandalan Listrik


Insi Nantika Jelita | Olahraga

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) memastikan keandalan kelistrikan pada penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 pada hari ini, Jumat (15/10). Ada beberapa langkah antisipasi dan skema pengamanan kelistrikan untuk menunjang kelancaran closing tersebut.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Abdul Farid menyampaikan, sama seperti pembukaan PON dua pekan lalu, pihaknya mempersiapkan mulai dari daya mampu mesin yang cukup. Lalu, jaringan yang andal, penyiapan back-up pasokan listrik dan lainnya. 

Baca juga: PON Papua, Atlet Kabupaten Bogor Raih 60 Medali

"Mudah-mudahan kegiatan penutupan PON XX Papua nanti dapat berjalan dengan lancar dan sukses, dan menjadi catatan sejarah yang indah, PON XX Papua torang bisa," kata dia dalam keterangannya, Jumat (15/10).

Untuk kegiatan penutupan sendiri, PLN telah menyiagakan 132 personel dan beberapa peralatan pendukung diantaranya berupa 14 unit mobile genset dengan rincian  2 genset 1 MW, 5 genset 100 kW, 4 genset 500 kW, dan 3 genset 200 kw sebagai back-up. Selain itu, masih ada 4 unit UPS Mobile berupa 2 unit UPS 250 kVA, 1 unit 100 kVA dan 1 unit 30 kVA juga disiapkan. 

Wakil Walikota Jayapura Rustan Saru menyambut baik langkah PLN dalam menyukseskan PON XX Papua. Dia menyebut, dalam ajang besar seperti PON XX Papua ini, listrik memegang peranan penting. Semua lokasi, mulai dari arena pertandingan, hotel, restoran, bahkan dapur umum tergantung suplai listrik PLN.

Kehadiran listrik dianggap dibutuhkan supaya proses konstruksi arena bisa berjalan dengan lancar. Begitu juga dengan hotel yang sudah beroperasi saat acara PON.

"Waktu pertandingan kita juga memerlukan listrik, apalagi di malam hari. Sehingga kontribusi PLN selama ini cukup positif di semua venue PON, termasuk hotel, restoran, dan tempat lainnya," imbuhnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT