14 October 2021, 20:23 WIB

Lawan Malaysia di Perempat Final Piala Thomas, Indonesia Siap Balas Kekalahan


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PERJALAN tim Indonesia di turnamen Piala Thomas 2020 akan berlanjut menghadapi Malaysia di babak perempat final, hal tersebut diketahui berdasarkan hasil undian babak perempat final yang dilakukan BWF di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Kamis (14/10) malam.

Pemenang laga Indonesia lawan Malaysia ini di semifinal bakal menghadapi pemenang antara tim tuan rumah Denmark atau runner-up grup C India.

Sementara di paruh bawah, juara grup C Tiongkok akan bertemu dengan Thailand (runner-up Grup A). Di semifinal, pemenang antara Tiongkok dan Thailand akan berhadapan dengan pemenang antara Jepang (juara grup D) dan Korea Selatan (runner-up grup B).

Tampil sebagai juara grup A setelah menaklukkan Taiwan (3-2), Thailand (3-2) dan Aljazair (5-0), tim Thomas Indonesia dituntut untuk tampil maksimal saat menghadapi Malaysia. Terlebih pertemuan tersebut juga menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk membalas dendam atas kekalahan 2-3 di Piala Sudirman awal bulan lalu.

Berkaca pada pertemuan Malaysia dengan Indonesia di Piala Sudirman, Ganda Putra Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik menjadi lawan yang patut di wapadai skuad Garuda, pada pertandingan yang di gelar di Vantaa, Finlandia, lalu. Pasangan andalan Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo kalah dengan skor 11-21 dan 15-21

Di sektor tunggal putra, skuad garuda juga harus mewaspadai ketangguhan Lee Zii Jia di mana pebulutangkis peringkat 8 dunia itu tengah dalam performa terbaiknya. Dalam pertemuan di Piala Sudirman lalu, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo Anthony Sinisuka Ginting takluk atas Lee Zii Jia dengan dua set langsung 11-21. dan 16-21.

Baca juga: Ditantang Thailand, Rionny Sebut Indonesia Berpeluang Lolos ke Semifinal Piala Uber

Menanggapi hasil undian ini, manajer tim Indonesia Eddy Prayitno, menyebut rupanya Malaysia selalu berjodoh dengan Indonesia. Duel pertemuan antara Indonesia vs Malaysia ini akan menjadi pertemuan ke-18 sepanjang sejarah Piala Thomas, menjadi pertemuan terbanyak di antara laga-laga lain pada turnamen tersebut.

"Hasil undian perempatfinal terulang lagi seperti pada perebutan Piala Sudirman lalu di Vantaa, Finlandia. Malaysia yang membuat kami frustrasi di Piala Sudirman lalu, kini saatnya Indonesia gantian membuat mereka frutrasi di perebutan Piala Thomas," ujar Eddy dalam keterangan resmi PBSI, Kamis (14/10).

Kendati tidak mudah dan menuntut perjuangan ekstra-keras, Eddy optimistis Hendra Setiawan dkk., kali ini bisa mengatasi Malaysia. Laga ini akan berlangsung pada Jumat (15/10) siang pukul 13.30 waktu setempat.

Melihat performa para pemain tunggal saat mengalahkan Chinese Taipei kemarin dan pasangan ganda ketika bertemu Thailand sebelumnya, Eddy merasa optimistis. Dia berharap semua sektor bisa tampil hebat dan menyumbangkan angka kemenangan untuk tim Indonesia.

"Anthony Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito semoga bisa kembali main maksimal. Begitu juga di sektor ganda, saya harapkan bisa tampil bagus dan menang," sebut Eddy. (PBSI/OL-4)

BERITA TERKAIT