07 October 2021, 19:25 WIB

MotoGP Indonesia Berlangsung 18-20 Maret 2022 


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PENYELENGGARA MotoGP, Dorna Sport memastikan pelaksanaan MotoGP seri Indonesia akan dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022, di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok. 

Dalam keterangannya, Managing Director Dorna Sport Carlos Ezpeleta mengaku senang MotoGP dapat kembali membalap di Indonesia, dengan terakhir digelar di Sirkuit Sentul pada tahun 1997. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atas upaya mereka mewujudkan Event ini. Dukungan dari Pemerintah yang berkelanjutan sangat diperlukan untuk kehadiran event MotoGP Indonesia 2022. Akhirnya kami bisa balapan lagi di Indonesia pada Maret tahun depan," ucap Carlos Ezpeleta dalam keterangan resmi Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Kamis (7/10). 

Menanggapi hal tersebut, Direktur Strategi dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto mengatakan, pihaknya menyambut gembira pengumuman resmi Dorna. karena penyelenggaraan MotoGP dinilai akan mendongkrak sektor pariwisata Indonesia khususnya di Lombok. 

"Kehadiran pelaksanaan MotoGP di sirkuit yang memiliki keunikan dan karakter tersendiri ini bisa menjadi titik balik kebangkitan sektor pariwisata, karena posisi sirkuit yang dikelilingi keindahan alam Kuta Mandalika yang menampilkan keindahan yang mempesona," kata Happy dalam keterangan resmi, Kamis (7/10). 

Baca juga :Update: 37 Atlet Hingga Ofisial PON Terpapar Covid-19

Berbicara terkait persiapan sirkuit Mandalika yang tahap pembangunannya telah mencapai 100 persen, Happy mengatakan, saat ini MGPA masih terus berbenah diri, terlebih Sirkuit Mandalika akan terlebih dahulu menjadi lokasi balap ATC pada 12- 14 November 2021 dan balap World Super Bike Seri Indonesia pada 19-21 November 2021 mendatang. 

Disebutkan oleh Happy, Instalasi "pit building" yang menggunakan teknologi modular saat ini sedang masuk masa persiapan instalasi, selain itu persiapan lainya seperti Instalasi teknologi "race elektronik" dan pengecatan trek sirkuit sedang dalam persiapan pelaksanaan. 

Nantinya, Pelaksanaan instalasi teknologi diatas dan pengecatan akan dilakukan oleh sekitar 52 kru yang merupakan tenaga ahli dari berbagai negara yang memiliki pengalaman di seluruh sirkuit dunia. 

"Kami akan terus berbenah diri sejak tahun pertama hingga sepuluh tahun ke depan, sehingga Pertamina Mandalika International Street Circuit ini akan menjadi sirkuit yang menghadirkan balapan kelas dunia yang membanggakan," tukas Happy. (OL-7)

BERITA TERKAIT