06 October 2021, 10:51 WIB

Tak lagi Muda, Rossi Akui Kondisi Fisiknya Terus Menurun


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PEMBALAP MotoGP tim Petronas Yamah SRT Valentino Rossi mengatakan kondisi fisiknya untuk membalap saat ini sudah tak seperti dulu, menyusul dengan bertambahnya usia di mana saat ini dia sudah menjajaki usia 42 tahun.

Tampil kurang baik dalam GP Amerika akhir pekan lalu di mana pembalap asal Italia itu finis diposisi ke-15, The Doctor -julukan untuk Rossi- menyebutkan jalannya balapan di Austin akhir pekan lalu sangat melelahkan baginya.

Dalam catatan karir Rossi di MotoGP, Circuit of the Americas (COTA) sejatinya merupakan salah satu seri balapan favorit Rossi di mana dia selalu keluar di posisi 5 besar sejak 5 tahun lalu, termasuk kesuksesannya finis di posisi kedua pada 2019 dan 2017 silam.

"Saat ini dalam balapan kondisi fisik adalah faktor penentu kesuksesan, dan bagi saya sangat sulit untuk berada dalam kondisi 100% prima dengan usia saya saat ini," ucap Rossi dikutip dari MotorSport, Rabu (6/10).

"Mesin balap modern di MotoGP membutuhkan fisik yang sangat kuat, belum lagi jadwal yang padat di mana anda Sabtu harus melakukan kualifikasi. Saya rasa untuk dapat berhasil di MotoGP anda harus dalam kondisi 100 persen fit dan lebih muda," tuturnya.

Sembilan kali juara dunia itu sebenarnya telah mencoba beberapa cara untuk tampil gemilang di MotoGP musim ini, salah satunya dengan mengubah gaya balapnya dan mengikuti perkembangan yang ada di MotoGP.

Hal itu tentu dilakukan Rossi agar dapat melaju lebih cepat, serta beradaptasi dengan era modern yang mana motor saat ini dikendalikan sepenuhnya oleh elektronik.

"Saya telah berusaha untuk tetap berada dalam kondisi bugar sepenuhnya, tapi untuk kembali ke kondisi seperti pembalap muda itu sangat sulit," terangnya.

Rossi telah memutuskan akan pensiun dari MotoGP pada akhir musim ini, The Doctor menyebutkan dengan usianya saat ini dirinya sudah tidak bisa mengimbangi para pembalap muda.

Pada balapan berikutnya di Misano, Rossi berharap dapat memberikan ucapan selamat tinggal kepada para penggemarnya dengan hasil finis yang baik, di mana Misano akan menjadi balapan kandang terakhirnya. (Rif/MotorSport/OL-09)

BERITA TERKAIT