05 October 2021, 22:10 WIB

Buka Cabor Atletik PON XX Papua, Luhut Resmikan Mimika Sport Center di Papua 


Insi Nantika Jelita | Olahraga

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melaksanakan pembukaan acara kejuaraan PON Papua XX Cabang Atletik di Timika, Papua, NTT. Selain itu, dia juga meresmikan Mimika Sport Center di sana. 

“Jadi saya sudah membuka kejuaraan atletik. Kami sepakat bahwa atletik ini harus maju,” ucapnya dalam keterangannya, Selasa (5/10). 

Luhut yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) memaparkan, dalam memajukan atletik di Indonesia, pihaknya akan berusaha membuat training center di Timika tersebut dengan di mana nantinya puluhan atlet akan bersekolah di sana. 

“Sekitar kurang lebih 25 atau berapa puluh atlet akan sekolah di sini, nanti sponsor oleh Freeport dan kami akan memberikan satu pelatihan untuk atlet-atlet kita, seperti atlet lari 5000 m, 10.000 m, marathon, dan juga tadi ada jarak 100 m, 200 m, dan 400 m. Kemudian kita urus semua makannya, nanti Freeport dengan kami kerjasama,” ujarnya. 

Baca juga : Geser Tuan Rumah, Jabar kini Tempel DKI di Perolehan Medali PON XX Papua 

Selain pelatihan tersebut, nantinya para atlet juga akan mendapatkan pembelajaran umum seperti Matematika, Fisika, dan Bahasa inggris, serta Wawasan Kebangsaan. 

“Nah itu mereka pelatihnya kami siapkan, pelatih sekarang kita rekrut bekas-bekas atlet yang bagus, kita train. Mudah-mudahan nanti pada akhir tahun long hiking dari stadion yang tidak semegah ini tapi standard lapangannya itu standard bagus pada ketinggan 1.200 m,” jelas Luhut. 

Untuk pelatihan tersebut, Menko Marves memaparkan seperti pelatihan lari 5000 m, 10.000 m, marathon, dan juga jarak 100 m, 200 m, dan 400 m. Pelatihan ini juga menurutnya dikarenakan Indonesia dinilainya spesialis dalam atlet lari. 

“Nah sama kita akan bikin asramanya di sana maka juga bikin program sekolah sehingga nanti para atlet kita juga punya masa depan. Nanti, kita akan cari sponsor lain untuk khusus nanti Indonesia Timur, dari mana aja itu, bisa Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi nah itu nanti akan berlatih di sana," ucapnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT