05 October 2021, 14:15 WIB

Lima Atlet Kontingen Jakarta Terpapar Covid-19 di Papua


Putri Anisa Yuliani |

KOORDINATOR Dokter Kontingen DKI Jakarta Junaidi menyebut total sudah ada lima atlet kontingen DKI Jakarta yang terpapar covid-19 di PON XX Papua.Junaidi menjelaskan sebanyak dua atlet terpapar di lokasi di Jayapura dan tiga atlet di Timika.

"Di timika ada tiga orang, di Jayapura ada dua," ujarnya saat dihubungi, Selasa (5/10).

Untuk atlet yang terpapar berasal dari cabang olahraga sepatu roda, soft ball, basket, dan judo. Junaidi pun belum mengetahui asal muasal bisa terpaparnya kontingen DKI ini dari virus corona.

Terlebih kesemua atlet sudah lebih dari sepekan mendarat di Papua dan beberapa di antaranya bahkan sudah selesai bertanding dan hendak pulang ke Jakarta.

"Iya atlet semua. Ini mereka ini, ada beberapa atlet lain dari daerah lain yang terpapar juga. Tapi Dinas Kesehatan Papua masih bingung dari mana mereka terpaparnya," jelasnya.

Baca juga: Papua Pecah Rekor Perolehan Emas PON

Junaidi menambahkan, beberapa atlet terdeteksi positif covid-19 dari hasil tes PCR yang dilakukan untuk keperluan syarat perjalanan kembali ke Jakarta menggunakan pesawat terbang. Sementara yang lain terdeteksi saat melakukan tes PCR guna persiapan bertanding.

Di sisi lain, pihaknya sudah berkomunikasi dengan para atlet yang terpapar untuk mendata kontak erat. Junaidi mengatakan, para atlet yang batal pulang melakukan kontak erat dengan satu tim yang saat ini sudah kembali ke Jakarta.

Pihaknya pun melakukan komunikasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk melakukan tes terhadap tim tersebut beserta keluarganya.

Ia pun menyatakan secara prosedur untuk mencegah penularan, setiap atlet maupun tim official atlet kontingen DKI harus melakukan social distancing dengan keluarga di rumah selama beberapa hari dan melakukan tes ulang covid-19.

Di sisi lain saat ini kelima atlet sudah menjalani isolasi mandiri di RS. "Ya kita isolasi mandiri. Kalau yang di Jayapura kita isolasi mandirinya di RS swasta yang kita bayar sendiri. Kalau yang di Timika di RSUD Timika," imbuhnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT