04 October 2021, 10:51 WIB

Jelang Piala Thomas-Uber, Tim Indonesia Jalani Pemulihan Mental


 Ilham Ananditya |

TIM Indonesia belum mampu persembahkan gelar Piala Sudirman 2021 setelah mengalami kekalahan di babak perempat final saat melawan tim Malaysia, di Vanta, Finlandia, Jumat (1/10) lalu.

Indonesia harus kalah 2-3 dari Malaysia, catatan ini sekaligus menjadi evaluasi penting dari PBSI. Evaluasi tersebut, tidak hanya dari sisi teknis, tapi juga non-teknis.

Menurut Endro Wibowo, psikolog PBSI, bahwa saat ini mereka tengah menjalani pemulihan mental.

"Kondisi tim saat ini memang sedang dalam pemulihan dengan mengevaluasi yang kemarin terjadi di Piala Sudirman. Ini agar tim lebih matang dan lebih siap lagi pada ajang perebutan Piala Thomas dan Uber pekan depan," tutur Endro.

Pihaknya menyebut, pemulihan diri para pemain meliputi sisi kepercayaan diri dan peningkatan fokus permainan di lapangan.

Banyak langkah dan cara untuk untuk kembali membangkitkan motivasi dan semangat juang pemain di antaranya adalah dengan mengajak berbincang pemain.

"Kami akan mengembalikan kepercayaan diri para pemain, karena pada dasarnya mereka adalah pemain hebat dan andalan Indonesia," jelas Endro.

"Selain itu, pemain harus meningkatkan fokus saat di lapangan. Mengingatkan pemain untuk terus fokus meraih poin demi poin, tidak boleh merasa sudah unggul bila sudah jauh memimpin. Tetap fokus sampai selesai pertandingan," tambahnya.

Selanjutnya, tim Indonesia akan bersiap untuk kembali berjuang pada Piala Thomas dan Uber 2020 di Aarhus, Denmark.

Dijadwalkan, perhelatan tersebut akan dimulai pada 9-17 Oktober 2021. Dimulai dari fase penyisihan grup, untuk kemudian berlanjut ke fase gugur hingga babak final.

Untuk Piala Thomas, tim putra menempati grup A bersama Taiwan, Algeria, dan Thailand. Sementara Piala Uber, tim putri juga berada di grup A untuk bersaing dengan Jerman, Prancis, dan Jepang. (And/PBSI/OL-09)

BERITA TERKAIT