04 October 2021, 05:32 WIB

Juara Lagi, Marquez Buktikan Dominasinya di GP Amerika


Basuki Eka Purnama | Olahraga

MARC Marquez membuktikan dirinya adalah raja Circuit of the Americas setelah pada Minggu (3/10) meraih kemenangan di balapan MotoGP GP Amerika untuk ketujuh kalinya.

Marquez, yang mengawali balapan dari bari ketiga, langsung merebut posisi terdepan dari awal laga dan sukses finis pertama mengungguli pemuncak klasemen Fabio Quartararo.

Meski gagal juara, Quartararo memperlebar jaraknya di puncak klasemen pembalap menjadi 52 poin dari Francesco Bagnaia, yang finis ketiga.

Baca juga: Mulai di Posisi Ketiga, Marc Marquez: Ini Barisan Terdepan Pertama Saya

Saat musim ini tinggal menyisakan tiga balapan lagi, dengan masing-masing balapan memiliki nilai maksimum 25, Quartararo semakin dekat meraih gelar MotoGP pertamanya.

"Semuanya berjalan sesuai rencana," ujar Marquez, yang memenangkan enam balapan pertamanya di Austin, Texas itu sebelum terjatuh saat tengah memimpin pada 2019.

GP Amerika dibatalkan pada musim lalu kala Marquez masih memulihkan diri dari cedera patah tangan. Posisi startnya di baris terdepan di GP Amerika juga merupakan yang pertama sejak dia kembali bertanding.

"Mengawali start dengan apik, menjadi yang terdepan sejak dua lap pertama, dan kemudian berusaha dengan keras sepanjang pertandingan, Saya sangat puas," ujar pembalap Honda itu.

Hingga pertengahan balapan, Marquez sudah unggul lebih dari 2 detik di depan Quartararo, yang akhirnya finis tertinggal 4,679 detik dari pembalap Spanyol itu.

Bagnaia, yang mengawali balapan dari posisi pole, masih menduduki posisi keempat saat laga menyisakan beberapa lap. Dia kemudian menekan pembalap urutan ketiga Jorge Martin yang menyebabkan pembalap rookie itu melakukan kesalahan dan bisa disalip Bagnaia.

Quartararo berpeluang menjadi pembalap Prancis pertama yang menjadi juara MotoGP di balapan beikutnya di Misano, Italia, 24 Oktober mendatang. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT