03 October 2021, 14:49 WIB

Mulai di Posisi Ketiga, Marc Marquez: Ini Barisan Terdepan Pertama Saya


Ilham Ananditya | Olahraga

PUTARAN ke-15 kejuaraan dunia balap motor Grand Prix musim 2021 di Circuit of The Americas (COTA) akan segera berlangsung pada Senin (4/10) dini hari WIB.

Amerika Serikat (AS) kembali menjadi tuan rumah untuk MotoGP Amerika setelah jeda dua tahun, hal ini pun berkat batalnya seri balapan di Jepang.

Pembalap asal Spanyol, Marc Marquez telah menjadi pemenang enam kali beruntun COTA sejak 2013 hingga musim 2018. Sebelumnya akhirnya Alex Rins menutup dominasi kemenangan Marquez di podium utama pada 2019.

Pada musim kali ini, Marquez masih dapat berpeluang menjuarai MotoGP Amerika untuk ketujuh kalinya setelah berhasil menempati posisi ketiga untuk start pada balapan nanti.

Sebelumnya pembalap berusi 28 tahun itu bersaing ketat dengan pemuncak klasemen saat ini Fabio Quartararo untuk start dari posisi terdepan, namun tak disangka pembalap Ducati Fransesco Bagnaia yang melewati catatan waktu kualifikasi kedua mereka berdua.

Baca juga : Bagnaia Putuskan Rangkaian Posisi Pole Beruntun Marquez di Austin

Pecco, sapaan Bagnaia memimpin dengan 2 menit 2,781 detik, sementara Quartararo dengan 2 menit 3,129 detik dan Marquez dengan 2 menit 3,209 detik.

Namun begitu, Marquez merasa puas walau hanya menempati posisi ketiga hasil kualifikasi sebelumnya.

"Start dari posisi untuk barisan terdepan sudah seperti pole position bagi saya. Ini adalah barisan terdepan pertama saya musim ini," ungkap Marquez dengan senang.

"Tetapi masih nampak jelas, untuk putaran kualifikasi selalu menjadi titik kelemahan bagi saya dan sering kali sulit mencetak perolehan catatan waktu lap yang bagus. Dan pada latihan bebas tiga dan empat (FP3 dan FP4) saya mampu bekerja dengan baik," lanjutnya.

Walaupun begitu, Bagnaia nampak waspada dengan pembalap Monster Energy Yamaha, Quartararo yang berhasil finis di babak kualifikasi di belakangnya.

Tentu Pecco memerlukan strategi yang matang untuk menutup kemungkinan Quartararo meraih podium utama, juga termasuk menghalau Marquez. (MotoGP/Motorcyclesports/OL-2)

 

BERITA TERKAIT