01 October 2021, 21:09 WIB

Tiongkok Amankan Tempat di Semifinal Piala Sudirman


Rifaldi Putra Irianto |

TIM bulu tangkis Tiongkok berhasil mengamankan satu tempat di babak semifinal Piala Sudirman 2021. Tepatnya, setelah memenangkan pertandingan ketat melawan Denmark dengan skor 3-2 pada Jumat waktu setempat.

Bertarung di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, sejatinya tim Tiongkok memulai pertandingan dengan tertinggal 0-1. Itu setelah ganda putra Denmark Anders Skaarup Rasmussen/Frederik Sogaard berhasil merebut kemenangan atas He Ji Ting/Zhou Hao Dong dengan skor akhir 17-21, 21-16, 21-19.

Baca juga: Praveen/Melati Antarkan Indonesia Juara Grup C Piala Sudirman

Tidak ingin tertinggal jauh, Tiongkok menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat pebulu tangkis putri andalan mereka, yakni Chen Yu Fei. Melakoni pertandingan ketat melawan Mia Blichfeldt dengan durasi 1 jam 11 menit, Chen Yu Fei tampil luar biasa dalam pertarungan tiga gim dengan kemenangan 18-21, 21-8, 21-17.

Menurunkan peraih medali emas Olimpiade Tokyo Viktor Axelsen pada nomor tunggal putra, Denmark berhasil meraih kemenangan kedua mereka dan kembali memimpi 2-1. Tampil dominan sepanjang pertandingan, Axelsen hanya memerlukan waktu 45 menit untuk merebut kemenangan atas Shu Yu Qi dengan skor 21-17, 21-14.

Di partai ketiga, Tiongkok menurunkan ganda putri andalannya, yaitu Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Bermodalkan medali perak Olimpiade Tokyo, pasangan peringkat dua dunia itu tak tampil gemilang untuk membantai ganda putri Denmark Maiken Fruergaard/Sara Thygesen dengan kemenangan 21-10, 21-13. 

Baca juga: Tim Merah-Putih Hadapi Malaysia di Perempat final Piala Sudirman

Mereka menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Turun di babak penentuan, ganda campuran Tiongkok Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping sukses merebut kemenangan atas pasangan Mathias Christiansen/Alexandra Bojoe.

Bertarung ketat selama 43 menit, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping berhasil menyelesaikan pertandingan dengan skor kemenangan 21-18, 21-12. Sekaligus, membawa Tiongkok melaju ke babak semifinal. Adapun di partai semifinal, Tiongkok akan berhadapan dengan Korea Selatan, yang sukses merebut kemenangan atas Thailand dengan skor 3-2.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT