01 October 2021, 20:04 WIB

Geliat Stadion Lukas Enembe Jelang Pembukaan PON Papua


Akmal Fauzi | Olahraga

BERBAGAI kesibukan terlihat di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, tempat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. 

Diketahui, acara pembukaan pesta olahraga akbar itu akan menggambarkan kekayaan alam dan kebudayaan Papua. Berdasarkan pantauan pada Jumat (1/10) ini, petugas TNI-Polri tampak berjaga di pintu masuk stadion. 

Adapun peralatan pendukung untuk set panggung juga sudah berdatangan. Para pengisi acara juga melakukan gladi bersih sejak Kamis (30/9) malam.

Baca juga: PUPR: Venue Dayung PON Papua Layak untuk Agenda Internasional

Kirab api PON XX sudah tiba di Kabupaten Jayapura pada Jum'at (1/10). Api PON XX akan diinapkan di kantor Bupati Jayapura. Lalu, diarak melalui jalur Danau Sentani ke Stadion Lukas Enembe.

Antusiasme warga juga terlihat di area kompleks Stadion Lukas Enembe. Mereka datang hanya untuk swafoto berlatar pernak-pernik PON XX. Ada juga warga yang ingin melihat persiapan pembukaan. Mengingat, Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir.

Selain itu, terlihat antrean penukaran gelang untuk akses masuk sejak Kamis (30/9) di beberapa titik. Warga yang bisa menonton di lokasi harus memiliki kartu undangan dan sudah divaksin covid-19 lengkap.

Baca juga: Kontingen Papua Janjikan Persaingan Ketat di PON XX

Pemerintah membatasi kapasitas 25% penonton, termasuk atlet, ofisial dan tenaga pendukung lain, yang bisa masuk ke dalam stadion berkapasitas 40 ribu orang. Ketua Harian Panitia Besar PON XX Papua Yunus Wonda menyebut PON sebagai ikon pemersatu bangsa.

Oleh karena itu, dirinya meminta dukungan dari semua pihak, termasuk masyarakat adat di Papua. Menurutnya, kesuksesan PON XX juga menujukkan bahwa meski berada di timur Indonesia, Papua bisa menyelenggarakan kegiatan berskala nasional dengan baik di masa pandemi covid-19.

"Semua tidak ada kendala, pembukaan kami harapkan bisa berjalan baik. Ini momen untuk warga Papua menunjukan jadi tuan rumah yang baik," tutur Yunus.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT