30 September 2021, 17:46 WIB

Sejarah Papua Hingga Kebudayaan Jadi Tema Pembukaan PON XX


Akmal Fauzi | Olahraga

PANITIA Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX melakukan berbagai persiapan jelang pembukaan pesta olahraga akbar di Tanah Air. Sejarah perjalanan Papua, serta kesenian dan kebudayaan, pun menjadi tema acara pembukaan yang digelar pada Sabtu (2/10) mendatang.

"Tema yang akan ditampilkan Papua masa dulu, Papua sekarang dan Papua akan datang. Generasi yang dahulu, generasi yang sekarang, mendorong generasi Papua yang akan datang. Ini jadi momentum Papua membuat sejarah digelarnya PON," ujar Ketua Harian PB PON Yunus Wonda saat ditemui di Stadion Lukas Enembe, Kamis (30/9).

Dari pantauan Media Indonesia, sejumlah perangkat yang akan mengisi acara pembukaan sudah datang. Personel keamanan dari TNI-Polri pun mulai berjaga di lokasi acara. “Persiapan kita semua sudah 95%. Jadi, tinggal pelaksanaannya saja hari Sabtu,” imbuh Yunus.

Baca juga: Ada PON, Vaksinasi Covid-19 di Papua Perlu Ditingkatkan

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainuddin Amali dan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (PMK) Muhadjir Effendy sudah tiba di Papua untuk meninjau langsung persiapan. Sementara itu, kirab api PON XX sudah tiba di Kabupaten Merauke pada Kamis (30/9) ini. 

Mantan atlet tenis meja, Rossy Pratiwi Dipoyanti, dipercaya untuk membawa obor api setibanya di Merauke. Selain Rossy, terdapat tiga mantan atlet nasional yang mengiringi, yakni Suharyadi (tenis), AKP Engel Berta Kaize (voli pantai) dan Gerald Mayela Balagaize (atletik).

Pada 1 Oktober, api PON akan tiba di Bandara Sentani dan langsung dibawa ke Kota Jayapura, untuk selanjutnya diarak ke Kabupaten Jayapura.

Baca juga: Tim Kriket Jakarta Sapu Bersih Medali Emas PON Papua

Untuk kirab api PON di wilayah Jayapura dimulai dari Jalan Patouw Toware, Distrik Waibu, kemudian diarak melalui Danau Sentani. Arak-arakan akan melalui jalur danau di tiga wilayah, yakni Sentani bagian barat di Distrik Waibu, Sentani bagian tengah dan Sentani bagian timur.

Bupati Jayapura Mathius Awotiauw menyebut kirab api bertepatan dengan Festival Danau Sentani pada 2 Oktober mendatang. Arak-arakan api obor melalui jalur danau menjadi sangat istimewa, karena baru pertama kali sepanjang sejarah kirab api PON.

"Kirab api PON yang terakhir akan sampai di Kabupaten Jayapura. Kita akan antarkan langsung ke Stadion Utama dalam pembukaan PON XX 2021," tutur Mathius.(OL-11)

BERITA TERKAIT